Lapor Pajak untuk UMKM
Lapor Pajak untuk UMKM

Tutorial Lapor Pajak untuk UMKM

Untuk menaati kewajiban pajak, ada beberapa tutorial lapor pajak untuk UMKM yang bisa dilakukan secara online. Simak langkah-langkahnya di bawah ini!
Untuk menaati kewajiban pajak, ada beberapa tutorial lapor pajak untuk UMKM yang bisa dilakukan secara online. Simak langkah-langkahnya di bawah ini!

Wajib pajak bukan cuma berlaku buat pengusaha atau perorangan, tapi juga bagi para pemilik usaha yang  tergabung dalam unit UMKM. Bagi para pemilik usaha UMKM, membayar pajak adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan. Untuk menaati kewajiban pajak, ada beberapa tutorial lapor pajak untuk UMKM yang bisa dilakukan secara online. Bagaimanakah caranya? Simak langkah-langkahnya di bawah ini!

Lapor Pajak untuk UMKM
Lapor Pajak untuk UMKM

Membuat Akun di DJP Online | Lapor Pajak untuk UMKM

Sebelum lapor pajak secara online lewat situs DJP Online, Anda harus punya akun terlebih dahulu agar bisa masuk ke dalam situsnya. Lakukan tutorial lapor pajak untuk UMKM seperti membuka situs resmi DJP Online di laman https://djponline.pajak.go.id.

Kemudian, masukkan nomor NPWP Anda dan juga kata sandi untuk akunnya. Klik saja tulisan “Login” untuk bisa masuk ke laman utama situs DJP Online.

Mengisi Berkas Formulir SPT 1770

Anda perlu e-form untuk mengisi berkas-berkas Anda. Pilihlah formulir dengan kode SPT 1770 yang ditujukan untuk pemilik UMKM, lalu klik tulisan “Kirim Permintaan” agar formulir tersebut dikirim ke alamat email Anda. Unduhlah berkas formulir yang masuk ke alamat email Anda.

Isilah keterangan data diri yang diminta pada formulir tersebut. Misalnya, data jumlah harta, jumlah gaji, dan lain sebagainya. Isilah secara jujur karena data-data ini nantinya akan digunakan untuk menghitung pajak yang harus Anda bayarkan.

Unggah Lampiran SPT Anda

Jika formulir sudah diisi secara lengkap, maka Anda harus melakukan tutorial lapor pajak untuk UMKM selanjutnya, yaitu mengisi kolom bagian B pada lampiran dengan memilih PTKP atau Penghasilan Tidak Kena Pajak. Setelah selesai, Anda hatus mengunggah lampiran tersebut dengan ukuran berkas tidak lebih dari 40 MB dan harus dalam format PDF.

Buka email Anda dan lakukan verifikasi. Klik tulisan “Yes” yang dikirim ke email Anda. Tunggu hingga beberapa saat, dan Anda akan mendapatkan notifikasi tulisan “Submit SPT berhasil,” maka bukti notifikasi elektronik tersebut akan dikirm ke alamat email Anda.

Kewajiban untuk melaporkan SPT Tahunan melekat kepada setiap Orang Pribadi dan Badan yang memiliki NPWP. Batas pelaporan SPT Tahunan untuk UMKM jatuh pada tanggal 31 Maret tahun berikutnya. Jadi, segera laporkan SPT Tahunanmu sekarang sebelum terlambat!

Reffy Elsa Revanda
Umur gue 21 tahun, tinggal di Lampung. Morning person yang suka dengan hal-hal baru. Pernah terlibat diprojek web building, desain grafis, data scientist, dan social media strategist. Sekarang lagi ngerjain projek infopajak.co.id bareng teman-teman.