Cara Lapor Pajak untuk PNS
Cara Lapor Pajak untuk PNS

Tutorial Lapor Pajak untuk PNS Secara Online

Sekarang Lapor Pajak untuk PNS semakin gampang. Semuanya bisa online gaperlu antre. Begini caranya!
Sekarang Lapor Pajak untuk PNS semakin gampang. Semuanya bisa online gaperlu antre. Begini caranya!

Kecanggihan teknologi semakin memudahkan aktivitas dan pekerjaan manusia dalam segala aspek. teknologi dipakai untuk meringankan pekerjaan-pekerjaan yang berat. Mulai dari bidang informatika, seni, mesin, pendidikan, ekonomi, dan sebagainya sudah menggunakan teknologi canggih, termasuk untuk pelaporan pajak. Jika Anda ingin mencoba membayar pajak secara online, sebaiknya simak tutorial lapor pajak untuk pns seperti berikut ini!

Cara Lapor Pajak untuk PNS
Cara Lapor Pajak untuk PNS

Mempersiapkan Dokumen Bukti Potong

Sebelum lapor pajak secara online, Anda harus sudah terdaftar di situs resmi DJP online. Selain itu, Anda juga harus memiliki bukti potong 1721 A1/A2 sebagai bukti kalau Anda adalah seorang pegawai negeri sipil. Bukti potong tersebut biasanya selalu diberikan oleh bendahara di kantor tempat Anda bekerja.

Jika sudah, lanjutkan dengan mengunjungi situs resmi DJP online di laman https://djponline.pajak.go.id lalu ketiklah nomor NPWP Anda beserta dengan kata sandinya. Anda akan masuk ke laman utama situs DJP online.

Mengisi Data di Formulir e-Filling

Setelah berhasil membuat akun, daftarkan diri Anda dengan mengisi formulir yang bisa digunakan saat lapor SPT. Ada dua cara yang bisa Anda pilih, yaitu mengisi data diri menggunakan e-Filling atau menggunakan e-Form.

 Jika Anda memilih e-Filling, Anda harus memiliki koneksi internet yang lancar. Sedangkan kalau menggunakan e-Form, Anda tidak perlu memakai koneksi internet karena data diri Anda disimpan secara offline. Isilah seluruh data yang diminta sesuai dengan keadaan diri Anda, termasuk slip gaji yang Anda terima.

Mengirim SPT untuk Lapor Pajak untuk PNS

Setelah data diri Anda sudah terisi lengkap, maka Anda akan diarahkan pada tutorial lapor pajak untuk pns berikutnya. Jumlah perhitungan pajak yang dipungut akan diberitahukan setelah Anda selesai mengisi data.

Pajak tersebut merupakan hasil akhir atau total dari seluruh pajak penghasilan yang sudah dipotongkan lewat pendapatan Anda. Agar bisa melaporkan pajak tersebut secara online, Anda harus memverifikasi token yang dikirimkan DJP ke alamat email Anda. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan nomor token yang bisa digunakan untuk lapor pajak secara online.

Reffy Elsa Revanda
Umur gue 21 tahun, tinggal di Lampung. Morning person yang suka dengan hal-hal baru. Pernah terlibat diprojek web building, desain grafis, data scientist, dan social media strategist. Sekarang lagi ngerjain projek infopajak.co.id bareng teman-teman.