Ternyata Bayar Zakat Dapat Mengurangi Pajak Anda

Ternyata Bayar Zakat Dapat Mengurangi Pajak. Bagaimana caranya? Apa dasar hukumnya? Semuanya akan dijawab secara lengkap berikut ini.
Ternyata Bayar Zakat Dapat Mengurangi Pajak. Bagaimana caranya? Apa dasar hukumnya? Semuanya akan dijawab secara lengkap berikut ini.

Bagi para wajib pajak, terkadang membayar pajak bisa menjadi hal yang memberatkan, apalagi di tengah situasi pandemi seperti saat ini. Namun Anda tak perlu khawatir lagi. Sebab, kebijakan terbaru dari pemerintah telah menetapkan bahwa bayar zakat dapat mengurangi pajak Anda ketika akhir tahun.

Kok bisa? Bagaimana caranya? Apa dasar hukum yang mengatur kebijakan tersebut? Semuanya akan dijawab secara lengkap berikut ini.

Zakat Dapat Mengurangi Pajak
Zakat Dapat Mengurangi Pajak

Aturan Hukum yang Mempertimbangkan Zakat Dapat Mengurangi Pajak

Seperti yang Anda tahu, zakat adalah salah satu syariat Islam yang wajib dilakukan oleh umat muslim yang sudah memenuhi syarat untuk melakukan zakat. Pembayaran zakat ini dilakukan untuk menyisihkan sebagian harta Anda lalu memberikannya pada orang yang membutuhkan.

Jenis pembayaran zakat dibagi menjadi dua, yaitu zakat mal dan zakat fitrah. Zakat mal atau zakat harta diberikan dari hasil pendapatan Anda seperti hasil pertanian, perdagangan, ternak, atau perhiasan yang Anda punya. Oleh sebab itu, pemberian zakatnya pun disesuaikan dengan pengeluaran Anda.

Kemudian ada bayar zakat fitrah. Zakat ini sifatnya wajib dilakukan oleh umat muslim setiap kali menjelang hari Raya Idul Fitri. Besarannya pun berbeda dengan zakat mal, yaitu sebesar 2,7 kilogram beras yang harus dibayarkan.

Dari kedua jenis pembayaran zakat tersebut, zakat mal adalah salah satu cara bayar zakat dapat mengurangi pajak.

Penerapan Zakat untuk Mengurangi Beban Pajak

Anda pasti bertanya-tanya bagaimana caranya zakat yang Anda bayar bisa ditetapkan pula sebagai bayar pajak kan? Ternyata, hal itu sudah diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak yang mengatur tentang Pelaksanaan Pembayaraan dan Pembuatan Bukti Pembayaran atas Zakat.

Aturan tersebut mengizinkan para wajib pajak untuk mengklaim pembayaran zakat ke dalam SPT tahunan bayar pajak. Dengan adanya peraturan tersebut, maka zakat yang selama ini Anda bayarkan bisa diklaim menjadi pembayaran pajak.

Dengan begitu, setiap kali Anda bayar zakat dapat mengurangi pajak juga. Klaim ini bisa Anda ajukan ketika membayar SPT tahunan.

Reffy Elsa Revanda
Umur gue 21 tahun, tinggal di Lampung. Morning person yang suka dengan hal-hal baru. Pernah terlibat diprojek web building, desain grafis, data scientist, dan social media strategist. Sekarang lagi ngerjain projek infopajak.co.id bareng teman-teman.