Syarat dan Cara Bikin NPWP Badan

Ternyata syarat dan cara untuk bikin NPWP Badan gak ribet. Begini detail persyaratan dan cara bikin NPWP Badan!
Ternyata syarat dan cara untuk bikin NPWP Badan gak ribet. Begini detail persyaratan dan cara bikin NPWP Badan!

Kalau kemarin kita sudah membahas cara membuat NPWP bagi orang pribadi karyawan dan non karyawan secara daring, sekarang kita akan membahas cara bikin NPWP badan. Namun, sebelumnya sobat pajak harus tahu dulu nih apa itu badan dan apa saja yang termasuk badan.

Ilustrasi Cara Bikin NPWP Badan
Ilustrasi Cara Bikin NPWP Badan

Jika kita mengambil pengertian dari UU KUP pada pasal 1 angka 3 dijelaskan bahwa badan adalah sekumpulan orang dan/atau modal yang merupakan kesatuan baik yang melakukan usaha maupun yang tidak melakukan usaha yang meliputi perseroan terbatas, perseroan komanditer, perseroan lainnya, badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah dengan nama dan dalam bentuk apa pun, firma, kongsi, koperasi, dana pensiun, persekutuan, perkumpulan, yayasan, organisasi massa, organisasi sosial politik, atau organisasi lainnya, lembaga, dan bentuk hukum lainnya termasuk kontrak investasi kolektif dan bentuk usaha tetap.

Nah, dari pengertian di atas, sobat pajak sudah tahu kan bentuk badan itu yang seperti apa. Ya, betul sekali. Badan dapat berbentuk Perseroan Terbatas (PT), Perseroan Komanditer (CV), Bentuk Usaha Tetap (BUT), dan lainnya.

Apabila sobat pajak mempunyai usaha dalam bentuk badan atau sudah mendirikan badan dan ingin membuat NPWP, maka sobat pajak tak perlu khawatir. Sobat pajak dapat membuat NPWP badan secara daring sama seperti pembuatan NPWP untuk orang pribadi. Cara nya pun sangat mudah dan cepat serta dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Jadi sobat pajak tidak perlu datang ke kantor pajak, sehingga dapat mengurangi kerumunan, dan tidak perlu mengantre atau menunggu lama.

Adapun persyaratan bagi Wajib Pajak Badan untuk mendaftarkan NPWP adalah :

  1. Akta Pendirian
  2. KTP & NPWP seluruh pengurus

Setelah seluruh persyaratan pembuatan NPWP badan lengkap, sobat pajak dapat melakukan pendaftaran dengan cara :

  1. Pastikan sobat pajak memiliki gawai, laptop, atau computer serta koneksi internet nya. Dan jangan lupa untuk membuat akun e-mail jika sobat pajak belum memiliki akun e-mail.
  2. Akses laman pendaftaran NPWP pada https://ereg.pajak.go.id/
  3. Klik “daftar” apabila sobat pajak belum memiliki akun, apabila sobat pajak sudah memiliki akun, maka dapat langsung melakukan log in pada dengan mengisi e-mail atau NPWP dan kata sandi.
  4. Isikan e-mail dan kode captcha, klik “daftar”. Setelah itu, cek e-mail sobat pajak untuk melakukan verifikasi.
  5. Setelah sobat pajak memiliki akun pendaftaran, maka sobat pajak sudah bisa melakukan pendaftaran NPWP.
  6. Isikan data dengan lengkap dan benar.
  7. Jangan lupa untuk mengunggah dokumen persyaratan dan selesaikan proses pendaftaran.

Setelah sobat pajak menyelesaikan pendaftaran, petugas pajak akan melakukan verifikasi data dan kemudian dapat menyetujui atau menolak pendaftaran NPWP. Jika sudah disetujui oleh petugas, maka sobat pajak akan mendapatkan e-mail balasan berupa NPWP yang sudah dapat digunakan. NPWP yang diberikan dalam bentuk softcopy, dan untuk kartu NPWP yang asli akan dikirimkan ke alamat yang tertera sesuai data pada saat pendaftaran melalui pengiriman pos. Jika dalam jangka waktu satu bulan sejak diterbitkan NPWP, namun sobat pajak belum menerima kartu NPWP, maka sobat pajak dapat ke kantor pajak untuk melakukan cetak ulang NPWP dengan syarat membawa fotocopy KTP dan NPWP dari e-mail yang diterima serta pengisian formulir cetak ulang.

Bagaimana sobat pajak? Mudah bukan? Selamat mencoba ya! Jangan lupa untuk menjalankan kewajiban perpajakan sobat pajak setelah mempunyai NPWP ya!