Sri Mulyani Menjadi Co Chair
Sri Mulyani Menjadi Co Chair

Sri Mulyani Menjadi Co Chair

Sri Mulyani menjadi Co Chair dari The Coalition of Finance Miniters For Climate Action atau koalisi untuk periode 2021 sampai 2023.
Sri Mulyani menjadi Co Chair dari The Coalition of Finance Miniters For Climate Action atau koalisi untuk periode 2021 sampai 2023.

Masih belum lama ini Indonesia kembali digemparkan dengan berita heboh yang berkualitas. Pasalnya Sri Mulyani menjadi Co Chair dari The Coalition of Finance Miniters For Climate Action atau koalisi untuk periode 2021 sampai 2023 sebagai pengganti dari Menteri Keuangan Cile.

Sri Mulyani Menjadi Co Chair
Sri Mulyani Menjadi Co Chair

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Rahayu Puspasari memberitahukan bahwa pemilihan Co Chair yang didapatkan oleh Sri Mulyani dilakukan dengan cara pengambilan suara terbanyak alias voting.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 52 negara yang terhimpun dalam anggota koalisi untuk memutuskan satu Menteri Keuangan yang akan terpilih. Ada 3 kandidat yakni Menteri Keuangan dari Uganda, Filipina, dan Indonesia. Pada akhirnya hasil voting memutuskan Sri Mulyani menjadi Co Chair.

Sebagaimana yang sudah diumumkan oleh Sekretariat Koalisi, negara Indonesia akan menjalankan peran tersebut dengan dibersamai Finlandia selaku Co Chair koalisi. Dengan terpilihnya Sri Mulyani akan menambahkan posisi strategis serta peran penting Indonesia di kancah internasional.

Tentu saja hal ini akan terjadi setelah Indonesia ditetapkan sebagai Presidensi G20 pada tahun 2022 dan Chairmanship ASEAN pada tahun 2023 nanti. Disamping itu kandidat yang sudah didapatkan oleh Sri Mulyani dinilai mampu menjadi afirmasi kepercayaan dari komunitas aksi perubahan iklim global pada negara ini.

Dengan begitu nantinya akan tumbuh rasa percaya dari dunia bahwa Indonesia mampu menjadi negara yang dapat mengatasi persoalan perubahan iklim yang terjadi. Sri Mulyani sendiri juga menjelaskan bahwa aksi nyata dari adaptasi dan mitigasi perubahan iklim tidak lepas dari campur tangan pemerintah Indonesia.

Pada dasarnya Indonesia mempunyai komitmen yang sangat kuat dalam upaya mengendalikan perubahan iklim lewat beragam instrumen dan juga kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. Adapun kebijakan yang berkaitan dengan pendanaan seperti APBN dan BPDLH.

Dimana keduanya mempunyai peran serta tujuan masing-masing. Sri Mulyani melanjutnya pernyataannya tentang penjalanan peran serta tanggungjawabnya sebagai Co Chair akan mengunggulkan nama baik Indonesia di mata dunia.

Dalam menjalankan semua tugas-tugasnya Sri Mulyani menjadi Co Chair akan didampingi dengan Co Chair lainnya yang juga merupakan Menteri Keuangan di perwakilan negara-negara maju.

Reffy Elsa Revanda
Umur gue 21 tahun, tinggal di Lampung. Morning person yang suka dengan hal-hal baru. Pernah terlibat diprojek web building, desain grafis, data scientist, dan social media strategist. Sekarang lagi ngerjain projek infopajak.co.id bareng teman-teman.