Bayar Pajak Lewat Marketplace
Bayar Pajak Lewat Marketplace

Sekarang Bisa Bayar Pajak Lewat Marketplace!

Layanan pajak online memang sudah lama diluncurkan. Namun, tidak hanya bisa dilakukan melalui situs remi, karena saat ini bisa bayar pajak lewat marketplace.
Layanan pajak online memang sudah lama diluncurkan. Namun, tidak hanya bisa dilakukan melalui situs remi, karena saat ini bisa bayar pajak lewat marketplace.

Layanan pajak online memang sudah lama diluncurkan. Namun, tidak hanya bisa dilakukan melalui situs remi, karena saat ini bisa bayar pajak lewat marketplace. Hal ini diharapkan bisa menambah antusias masyarakat untuk memenuhi kewajiban pembayaran pajak.

Bayar Pajak Lewat Marketplace
Bayar Pajak Lewat Marketplace

Pemerintah sendiri menyambut baik atas kerjasama yang dilakukan Tokopedia dan Bukalapak selaku Marketplace besar di indonesia yang mendukung program ini.

Perihal cara bayar pajak melalui Tokopedia seperti yang sudah dijelaskan oleh CEO Tokopedia, yaitu wajib pajak hanya perlu mendapatkan kode bayar atau kode billing dari masing-masing lembaga pengumpul pajak, misalnya DJP Online.

Setelah berhasil mendapatkan kode billing, masyarakat bisa langsung memasukan kode tersebut ke dalam fitur perpajakan yang ada di Tokopedia maupun bukalapak untuk melakukan pembayaran.

Mengingat sekarang bayar pajak bisa lewat marketplace tentu masyarakat semakin dimudahkan dalam urusan pelunasan pajak yang bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Cara Bayar Pajak Lewat Marketplace Tokopedia

Meskipun bayar pajak bisa lewat marketplace, tentu bagi sebagian orang masih belum bisa mempraktekanya secara langsung. Mengingat ada beberapa tahap yang harus dilakukan dan tidak semuanya mempunyai gambaran secara jelas terkait pembayaran pajak itu sendiri.

Nah, untuk memperjelas bagaimana proses pembayaran pajak secara online, berikut salah satu contoh cara bayar pajak lewat tokopedia.

  • Buka aplikasi tokopedia.
  • Pilih menu lihat semua.
  • Selanjutnya pilih pajak.
  • Kemudian pilih jenis pajak yang akan dibayar.
  • Ikuti petunjuk selanjutnya.
  • Terakhir melakukan pembayaran.

Fitur ini sendiri bisa melayani berbagai kategori pembayaran pajak seperti E-Samsat, pajak PBB, penerimaan negara dan retribusi. Semua kategori tersebut mencakup lebih dari 900 perpajakan negara salah satunya pajak bangunan, motor, penghasilan dan berbagai pajak lainya.

Metode Pembayaran

Dalam melakukan pembayaran pajak lewat Tokopedia terdapat beberapa metode yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran, yaitu menggunakan OVO Cash/Points, transfer Bank (Semua Bank), virtual account (m-Banking), direct debit, kartu kredit dan Minimarket.

Proses pembayaran sendiri akan otomatis terverifikasi sesaat setelah kita berhasil melakukan pembayaran dan mendapatkan struk pembayaran sebagai tanda bukti yang sah secara hukum.

Reffy Elsa Revanda
Umur gue 21 tahun, tinggal di Lampung. Morning person yang suka dengan hal-hal baru. Pernah terlibat diprojek web building, desain grafis, data scientist, dan social media strategist. Sekarang lagi ngerjain projek infopajak.co.id bareng teman-teman.