Pemeriksaan terkait Fasilitas Tax Holiday
Pemeriksaan terkait Fasilitas Tax Holiday

PPh 21 – Cara Lapor Pajak Online PPh 21

Cara lapor pajak online PPh 21 ini sangat mudah sekali, modalnya adalah aplikasi DJP online, NPWP dan EFIN. Semuanya bisa dilakukan secara online tanpa harus keluar rumah loh simak yuk penjelasannya supaya Anda lebih mantap ketika melaporkan pajak.

Pemeriksaan terkait Fasilitas Tax Holiday
Cara Lapor Pajak PPh 21

Secara hukum, dasar penetapan tarif PPh ini sudah jelas dibahas di Peraturan Menteri Keuangan (PMK) no 9/PMK.03/2018 lengkap dengan bagaimana prosedur melakukan pelaporannya.

Cara Lapor Pajak Online PPh 21

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, Anda harus punya NPWP dan EFIN terlebih dahulu, jadi kalau belum. Bisa bikin dulu ya melalui kantor pelayanan pajak (KPP) terdekat di kota Anda. Pastikan Anda membawa identitas diri seperti KTP atau KITAS/KITAP.

  1. Masuk ke https://djponline.pajak.go.id
  2. Anda akan diarahkan untuk mengisi NPWP dan kata sandi, isi dan
  3. Masukkan kode captcha yang biasanya berupa karakter unik
  4. Klik login dan Pilih layanan e-Filling
  5. Cari dan klik buat SPT

Ada beberapa pertanyaan yang akan menentukan formulir mana yang akan Anda isi. Perlu diketaui ada dua formulir yang bisa digunakan untuk melaporkan SPT ini, ada formulir 1770 S dan 1770 SS. Perbedaannya ada di huruf S yang berarti sederhana dan SS berarti sangat sederhana.

Formulir 1770 S biasanya diberlakukan untuk untuk wajib pajak yang memiliki penghasilan di atas Rp60.000.000 selama satu tahun. Dan jika kurang dari itu, Anda akan diarahkan untuk mengisi formulir 1770 SS. Secara otomatis keduanya bisa dipilih ketika Anda menjawab pertanyaan setelah Klik buat SPT.

Data-data yang diperlukan untuk melaporkan SPT secara online

Selain NPWP dan EFIN. Ketika melaporkan SPT, Anda mungkin harus menyiapkan dokumen lain dari perusahaan seperti bukti potong dan lain sebagainya. Ada data lain juga yang diperlukan seperti total aset yang dimiliki, Rumah, Kendaraan atau aset lainnya.

Ada juga data untuk mengisi tanggungan berupa utang. Hasil akhir dari Cara lapor pajak online PPh 21 ini adalah Anda akan mengetahui berapa beban pajak yang harus dibayar.

Selamat mencoba ya.

Reffy Elsa Revanda
Umur gue 21 tahun, tinggal di Lampung. Morning person yang suka dengan hal-hal baru. Pernah terlibat diprojek web building, desain grafis, data scientist, dan social media strategist. Sekarang lagi ngerjain projek infopajak.co.id bareng teman-teman.