Pembentukan Holding Ultra Mikro
Pembentukan Holding Ultra Mikro

Pembentukan Holding Ultra Mikro

Holding ultra mikro dapat memulihkan standart ekosistem dalam hal pemberdayaan UMI atau Ultra Mikro dan juga UMKM.
Holding ultra mikro dapat memulihkan standart ekosistem dalam hal pemberdayaan UMI atau Ultra Mikro dan juga UMKM.

Pada tanggal 8 Februari 2021 kemarin pihak Komisi VI DPR RI berharap bahwa pembentukan holding ultra mikro bisa disegerakan guna memperbaiki ekosistem pada usaha skala kecil dan menengah atau UMKM. Selain itu upaya ini juga dapat menjadi pendorong pemulihan ekonomi negara Indonesia.

Pembentukan Holding Ultra Mikro
Pembentukan Holding Ultra Mikro

Sementara untuk pembentukan holding itu sendiri melibatkan 3 BUMN yakni PT permodalan Nasional Madani, PT Bank Rakyat Indonesia, dan PT Pegadaian. Amin AK selaku anggota dari Komisi VI DPR RI dari Fraksi PKS menilai holding tersebut dapat membantu meningkatkan kinerja supaya lebih efesien lagi.

Selain itu holding ultra mikro juga dapat memulihkan standart ekosistem dalam hal pemberdayaan UMI atau Ultra Mikro dan juga UMKM. Bahkan Amin juga menjelaskan bahwa dalam upaya mengembangakan UMKM butuh perjuangan secara konsisten mengingat konstribusinya sangatlah signifikan terhadap negara.

Apalagi untuk UMKM sendiri mampu menduduki tingkat distribusi pada Produk Domestik Bruto atau PDB dengan angka yang cukup tinggi yakni 60%. Sedangkan pada penyerapan tenaga kerja sekitar 97%. Dengan begitu upaya yang dinilai efektif yakni dengan pembentukan holding ultra mikro.

Pemerintah diminta untuk segera menyusun peta jalan dari holding BUMN dengan jelas dan matang. Disamping itu Amin juga berharap bahwa pelaksanaan holding BUMN untuk sektor UMKM dapat lebih terarah lagi. Sehingga semua tujuan yang sudah direncanakan sedari awal bisa tercapai.

Meskipun belum terealisasikan namun kehadiran holding diharapkan dapat menjadi pemaksimal dari proses pembangunan dan pertumbuhan dari UMKM. Hal itu disebabkan ketiga perusahana BUMN yang tertulis tadi dapat saling berkolaborasi dan menjadi penguat lini dari masing-masing bisnis.

Disamping itu Marti sebagai wakil ketua dari Komisi VI DPR RI menyebutkan akan pembentukan holding menjadi gagasan yang sangat inovatif. Karena dapat memperkuat permodalan serta institusi untuk menyalurkan dana ke ultra mikro.

Selama ini BRI, Pegadaian dan PNM sudah beroperasi dengan jalan serta karakteristiknya masing-masing. Sehingga menyatukan untuk pembentukan holding ultra mikro bukanlah suatu persoalan yang mudah dan perlu waktu untuk membersihkan konsolidasi internal supaya bisa bekerjasama dengan solid.

Reffy Elsa Revanda
Umur gue 21 tahun, tinggal di Lampung. Morning person yang suka dengan hal-hal baru. Pernah terlibat diprojek web building, desain grafis, data scientist, dan social media strategist. Sekarang lagi ngerjain projek infopajak.co.id bareng teman-teman.