Pembebasan PPnBM Mobil Baru
Pembebasan PPnBM Mobil Baru

Pembebasan PPnBM Mobil Baru Begini Komentar GAIKINDO

Pembahasan akan pembebasan pembebasan PPnBM Mobil baru yang sudah sejak tanggal 31 Desember 2020 silam seolah masih menjadi topik yang hangat.
Pembahasan akan pembebasan pembebasan PPnBM Mobil baru yang sudah sejak tanggal 31 Desember 2020 silam seolah masih menjadi topik yang hangat.

Pembahasan akan pembebasan pembebasan PPnBM Mobil baru yang sudah sejak tanggal 31 Desember 2020 silam seolah masih menjadi topik yang hangat. Pasalnya banyak media yang mempertanyakan akan kelanjutan program ini dan bagaimana komentar dari ketua umum GAIKINDO.

Pembebasan PPnBM Mobil Baru
Pembebasan PPnBM Mobil Baru

Yohannes Nangoi selaku ketua dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor atau GAIKINDO memberikan penjelasan bahwa akan ada beberapa dampak yang terjadi terutama di industri otomotif apabila relaksasi dari pajak mobil baru tidak segera diberikan.

Tentu saja hal itu mengandung pertanyaan dari warganet. Yohannes juga memberikan penjelasan lebih terkait persoalan ini dengan menyebutkan bahwa akan ada pengurangan karyawan yang signifikan juga produksi karena pangsa pasarnya semakin mengecil.

Sementara itu adanya pembebasan PPnBM Mobil baru yang diupayakan oleh Yohannes akan memberikan efek yang signifikaan terhadap perilaku konsumen dalam membelanjakan uangnya untuk kebutuhan kendaraan bermotor. GAIKINDO sendiri mempunyai target penjualan untuk tahun ini sebesar 750 ribu unit.

Meskipun pihak pemerintah sendiri belum memberikan keputusan akan relaksasi PPnBM mobil baru. Disamping itu ketua umum  GAIKINDO Yohannes Nangoi juga menyatakan bahwa indikasi dari target penjualan tersebut memang tidak terlalu naik dari target yang sebelumnya.

Menurut Yohannes memang target tahun ini sebesar 750 ribu unit, namun untuk bulan Januari hanyalah 53 ribu saja. Hanya saja jika didasari dengan periode tahun 2020 sampai 2021 ternyata penjualan pada bulan Desember 2020 lebih besar dibandingkan bulan Januari 2021.

Industri otomotif juga mempekerjakan sekitar 1,5 juta pegawai sehingga Yohannes ingin membuat industri tersebut semakin maju dan mandiri. Jika industri otomotif mengalami keterpurukan maka Indonesia akan memenuhi kebutuhan kendaraan dengan cara impor dari negara tetangga.

Untuk itu relaksasi pajak menjadi jalan yang efektif guna meningkatkan produksi mobil. Meskipun diperkirakan penjualan akan mengalami keanjlokan di buan Februari namun hal itu tidak terlalu dipermasalahkan, asalkan Maret dan seterusnya sudah mulai normal kembali.

Maka dari itu upaya demi upaya yang dilakukan oleh Yohannes selaku ketua GAIKINDO dalam pembebasan PPnBM Mobil baru akan terus dilakukan demi menyelamatkan industri otomotif Indonesia.

Reffy Elsa Revanda
Umur gue 21 tahun, tinggal di Lampung. Morning person yang suka dengan hal-hal baru. Pernah terlibat diprojek web building, desain grafis, data scientist, dan social media strategist. Sekarang lagi ngerjain projek infopajak.co.id bareng teman-teman.