Pembebasan Pajak PPnBM Mobil Baru
Pembebasan Pajak PPnBM Mobil Baru

Pembebasan Pajak PPnBM Mobil Baru

Mulai tanggal 1 Maret 2021, Pajak PPnBM atas mobil baru akan dibebaskan. Akibatnya harga mobil baru akan lebih murah. Simak disini.
Mulai tanggal 1 Maret 2021, Pajak PPnBM atas mobil baru akan dibebaskan. Akibatnya harga mobil baru akan lebih murah. Simak disini.

Kutipan terbaru dari media-media besar seperti Kompas baru saja memunculkan artikel terkait pembebasan pajak PPnBM kendaraan oleh pihak pemerintah. Pemberlakuan program ini hanyalah untuk mobil baru, yang terhitung akan dimulai pada tanggal 1 Maret 2021 nanti.

Pembebasan Pajak PPnBM Mobil Baru
Pembebasan Pajak PPnBM Mobil Baru

Hal ini juga ditegaskan secara langsung oleh Sekretaris Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian yang bernama Suswijono Moegiharso. Dimana menurutnya harga mobil bisa turun lebih murah bahkan sampai  Rp 23 jutaan saja.

Namun pada asumsinya kendaraan tersebut haruslah sekelas dengan mobil sedan yang mempunyai PPnBm hingga 10% dari harga jualnya. Disamping itu kompas juga menulis bahwa Susi ikut memberikan pernyataan terkait pajak PPnBM kendaraan yang akan diberlakukan pemerintah.

Pada ilustrasi yang ditampilkan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor harga mobil sedan menyentuh angka Rp 251 juta. Menurut Susi itu hanyalah sebuah On the Road-nya saja, sehingga apabila PPnBM dibebaskan maka harga mobil tadi dapat ditargetkan kisaran Rp 229 juta saja. Jadi selisihnya Rp 23 Juta.

Meskipun demikian Susi beranggapan bahwa program PPnBM tersebut belumlah terlalu cukup untuk menjadi faktor yang menggerakkan niat konsumsi dari seluruh masyarakat. Alasannya diskon tersebut masih dianggap kecil untuk mereka yang berada di kalangan menengah ke bawah.

Disamping itu pandemi seperti sekarang ini membuat masyarakat banyak yang kehilangan pekerjaan dan juga penghasilannya menurun. Itu akan semakin menekan daya minat mereka untuk membeli sebuah mobil meskipun sudah diberlakukan diskon.

Oleh karenanya dalam kutipan Kompas Susi juga membeberkan bahwa Airlangga Hartato selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sudah besurat dengan Sri Mulyani Indrawati selaku Menteri Keuangan supaya memberikan tambahan relaksasi.

Tidak sampai disitu saja karena hal ini juga dilakukan oleh Kemenko Perekonomian yang ikut bersurat bersama Bank Indonesia dan OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Dalam hal ini Susi menambahkan akan karakteristik dari sebagian besar pembelian kendaraan bermotor yang dilakukan secara kredit.

Maka dari itu revisi akan kebijakan dari OJK sendiri tentang bagaimana cara mendorong besaran DP atau uang muka menjadi 0%. Sehingga masyarakat bisa lebih tertarik untuk membeli kendaraan, terlebih saat program pajak PPnBM kendaraan mulai diberlakukan.

Reffy Elsa Revanda
Umur gue 21 tahun, tinggal di Lampung. Morning person yang suka dengan hal-hal baru. Pernah terlibat diprojek web building, desain grafis, data scientist, dan social media strategist. Sekarang lagi ngerjain projek infopajak.co.id bareng teman-teman.