Pajak Sepeda 2021? Apa itu Benar?

Sempat heboh terkait berita bahwa Sepeda akan dikenakan pajak. Sebenarnya apa itu pajak sepeda, bagaimana peraturan dan pelaksanaannya?
Sempat heboh terkait berita bahwa Sepeda akan dikenakan pajak. Sebenarnya apa itu pajak sepeda, bagaimana peraturan dan pelaksanaannya?

Pajak sepeda 2021 saat ini juga banyak menjadi pertanyaan yang banyak diperbincangkan oleh kalangan masyarakat. Pasalnya ada informasi yang mengatakan bahwa Direktorat Jenderal Pajak memasukkan sepeda sebagai salah satu daftar harta yang wajib diisi pada SPT tahunan.

pajak sepeda
Pajak Sepeda 2021

Adapun kode harta yang digunakan oleh pihak pajak adalah 041. Sementara itu untuk SPT atau Surat Pemberitahuan Tahunan merupakan suatu surat yang dipakai oleh para wajib pajak guna melaporkan perhitungan dari pembayaran pajak baik itu objek pajak maupun objek yang bukan pajak.

Sepeda Masuk Kedalam Daftar Harta SPT Tahunan

Selain itu kewajiban-kewajiban yang disesuaikan dengan peraturan undang-undang terutama di bagian perpajakan. Dalam akun resminya pihak DJP mengklaim bahwa sepeda yang digunakan sebagai alat olahraga, hobi, maupun transportasi haruslah dimasukkan kedalam daftar harta di SPT tahunan.

Sekarang memang pemotongan pajak terhadap sepeda hanya diberlakukan ketika terjadi proses transaksi untuk membeli sepeda itu sendiri. Sebagaimana yang sudah diketahui oleh khalayak umum bahwa sepeda merupakan salah satu benda yang terkena pajak sebagai objek PPN.

Pajak Sepeda – PPN 10%

Sehingga ketika ada yang membeli sepeda di toko dalam negeri maka pihak pembeli sendiri akan menanggung pajak sepeda 2021 atau PPN sebesar 10% dari harga jualnya. Namun jika seseorang melakukan pembelian via impor pengecualian PPN 10% maka akan tetap dikenakan bea masuk atas pembelian sepeda.

Sedangkan untuk ketentuan bea masuk untuk sepeda bisa dilihat dan dicek dalam PMK atau Peraturan Menteri Keuangan tentang Kepabean, Cukai, dan, Pajak Atas Impor Barang Kiriman. Pada ketentuan tersebut pajak yang dikenakan adalah sebesar 7,2% dari harga jualnya.

Pada persoalan pembeli mengangkut sendiri sepeda dari luar negeri juga diberlakukan ketentuan secara terpisah tentang PMK Ketentuan Ekspor dan Impor Barang yang Dibawa oleh Penumpang dan Awak Sarana Pengangkutan. Dalam hal ini tentu saja disesuaikan dengan harga beli dari sepeda.

Jika barang pribadi tersebut bernilai FOB USD500 per individu maka akan dibebaskan di setiap kedatangan alias tidak kena pajak sepeda 2021 atau be masuk. Akan tetapi jika lebih dari itu maka akan tetap dikenakan bea masuk sebesar 10%.

Reffy Elsa Revanda
Umur gue 21 tahun, tinggal di Lampung. Morning person yang suka dengan hal-hal baru. Pernah terlibat diprojek web building, desain grafis, data scientist, dan social media strategist. Sekarang lagi ngerjain projek infopajak.co.id bareng teman-teman.