NPWP Online – Begini Cara Daftarnya

Dulu, daftar NPWP harus dateng langsung ke kantor pajak, antre, panas, dan capek. Sekarang, kamu bisa daftar NPWP Online lewat ereg pajak. Bisa daftar dari rumah.
Dulu, daftar NPWP harus dateng langsung ke kantor pajak, antre, panas, dan capek. Sekarang, kamu bisa daftar NPWP Online lewat ereg pajak. Bisa daftar dari rumah.

Pastinya mudah, tetapi jika tidak teliti tetap saja cara daftar NPWP online bisa bikin ribet juga. Jadi, sebelum pergi ke kantor pelayanan pajak (KPP) baiknya Anda menyiapkan berkas-berkasnya terlebih dahulu. Cek tulisan ini untuk mengetahui tutorialnya ya.

npwp online
NPWP Online

Dirjen Pajak memang sengaja mengeluarkan DJP Online—situs untuk mengurus perpajakan secara online— untuk mempermudah wajib pajak melakukan kewajibannya terhadap negara.

Untuk mendaftar NPWP online, Anda harus memastikan bahwa Anda sudah mengetahui cara-caranya. Begini nih caranya

Daftar NPWP Online mudah banget

Sebelumnya, ada 2 pilihan lain selain online yang bisa dilakukan untuk mendapatkan NPWP. Pertama adalah dengan mendatangi langsung KPP terdekat, membawa persyaratan berupa KTP dan mengisi formulir.

Kedua, Anda bisa mengunduh formulir pendaftaran NPWP yang ada di situs pajak.go.id. Lalu mengirimkan berkas berupa fotokopi KTP atau Identitas usaha untuk calon wajib pajak yang menjalankan usaha.

Ada satu cara yang lebih mudah dan bisa dilakukan dari rumah saja. Yaitu dengan menggunakan situs https://ereg.pajak.go.id/. Lalu tinggal unggah dokumen yang dibutuhkan. Selesai.

Tinggal menunggu data diperiksa oleh petugas, dan kartu fisik akan dikirimkan ke alamat domisili yang sesuai dengan identitas. Sampai sini, prosesnya mudah sekali bukan?

Manfaat memiliki NPWP

Selain sebagai alat untuk memudahkan urusan pajak, beberapa urusan lain seperti meminjam uang, kredit perumahan, membeli motor atau bahkan mendapatkan hadiah undian. Biasanya dimintai nomor NPWP untuk pencatatannya.

Jadi suatu kerugian jika Anda tidak memiliki NPWP. Karena kemungkinan besar tidak akan menikmati fasilitas yang sudah disebutkan di atas. Karena kemudahan tersebut, jadi sangat disarankan untuk Anda segera membuat NPWP ya.

Apalagi cara membuatnya mudah sekali, jika enggan berkunjung ke KPP terdekat, Anda bisa mengirimkan persyaratan via POS. bahkan sudah disediakan situs pendaftaran NPWP online supaya semua orang bisa mendaftar dengan mudah.

Jadi tunggu apalagi, kalau belum punya, segera daftar ya.

Penutup

Demikian tutorial cara daftar NPWP online dengan cara yang paling sederhana dan mudah sekali dilakukan. Tunggu apalagi, buruan daftar.

Reffy Elsa Revanda
Umur gue 21 tahun, tinggal di Lampung. Morning person yang suka dengan hal-hal baru. Pernah terlibat diprojek web building, desain grafis, data scientist, dan social media strategist. Sekarang lagi ngerjain projek infopajak.co.id bareng teman-teman.