Pembebasan PPnBM Mobil Baru
Pembebasan PPnBM Mobil Baru

Mulai Bulan Ini, PPnBM Mobil Ditanggung Pemerintah!

Untuk mendapatkan insentif PPnBM ditanggung pemerintah , ada syarat dan ketentuan yang mesti Anda penuhi. Lantas, apa sajakah syarat-syaratnya?
Untuk mendapatkan insentif PPnBM ditanggung pemerintah , ada syarat dan ketentuan yang mesti Anda penuhi. Lantas, apa sajakah syarat-syaratnya?

Berita mengejutkan datang dari bidang perpajakan. Terhitung sejak bulan ini (01/03/2021), PPnBM mobil akan ditanggung oleh pemerintah. Untuk mendapatkan insentif pajak ini, ada syarat dan ketentuan yang mesti Anda penuhi. Lantas, apa sajakah syarat-syaratnya? Berikut ini adalah daftar lengkapnya!

Pembebasan PPnBM Mobil Baru
Pembebasan PPnBM Mobil Baru

Pembebasan PPnBm Mobil Berdasarkan Jenis dan Tipe Mobil yang Dipakai

Untuk mendapatkan insentif PPnBM mobil dari pemerintah di tengah masa pandemi Covid 19 seperti sekarang tentu ada syaratnya, yaitu mobil yang Anda pakai harus termasuk ke dalam beberapa jenis dan tipe yang ditentukan.

Dalam hal ini, tipe mobil yang dimaksud adalah tipe mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) kelas bawah, mobil dengan daya mesin kurang dari 1500 cc, dan menggunakan roda dua alias 4 x 2.

Selain jenis mobil MPV, jenis mobil LCGC (Low Cost Green Car) dan mobil sedan juga bakal mendapat bantuan insentif dari pemerintah. Jika Anda membeli salah satu dari tipe-tipe mobil di atas, maka Anda akan mendapatkan insentif pajak secara otomatis dari pemerintah sehingga Anda akan dikenai beban pajak sebesar 0%

Persentase Insentif Pajak Mobil yang Didapat

Lalu bagaimana jika Anda ingin membeli mobil tipe lainnya? Apakah Anda akan mendapatkan insentif pajak yang sama dari pemerintah? Jawabannya iya, namun jumlah persentasenya tidak sebesar ketika Anda membeli mobil tipe MPV, sedan, dan LCGC dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Untuk kasus pembelian mobil apapun, insentif PPnBM mobil yang diberikan akan dibagi ke dalam tiga tahapan seperti diskon pajak sebesar 100% selama 3 bulan pertama, diskon pajak sebesar 50% untuk tiga bulan berikutnya, dan diskon pajak sebesar 25% untuk empat bulan setelahnya. Akan tetapi, besaran diskon pajak yang Anda terima ini akan dievaluasi setiap tiga bulan dari segi efektivitasnya.

Dengan adanya insentif pajak mobil ini, diharapkan bisa memicu kembali minat dan industri jual beli mobil yang sempat terpuruk di masa pandemi Covid 19.

Reffy Elsa Revanda
Umur gue 21 tahun, tinggal di Lampung. Morning person yang suka dengan hal-hal baru. Pernah terlibat diprojek web building, desain grafis, data scientist, dan social media strategist. Sekarang lagi ngerjain projek infopajak.co.id bareng teman-teman.