Bayar Pajak Lewat Marketplace
Bayar Pajak Lewat Marketplace

Lapor Pajak Hari Ini Pake DJP Online

Sekarang untuk melaporkan SPT tahunan bisa dilakukan dengan cara yang mudah karena sekarang bisa lapor pajak lewat DJP Online tanpa perlu ke kantor pajak.
Sekarang untuk melaporkan SPT tahunan bisa dilakukan dengan cara yang mudah karena sekarang bisa lapor pajak lewat DJP Online tanpa perlu ke kantor pajak.

Sekarang untuk lapor SPT tahunan bisa dilakukan dengan cara yang mudah karena basisnya online yakni lapor pajak hari ini pake DJP online atau nama lainnya adalah e-Filling. Lalu bagaimanakah caranya? Apakah bagi seorang pemula juga bisa melakukannya?

Lapor Pajak Hari Ini
Lapor Pajak Hari Ini

Jawabannya semua orang pasti dapat menggunakannya karena sudah dirancang sedemikian rupa. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah meminta EFIN ke KPP yang paling dekat. EFIN ini nantinya akan ditanyakan saat Anda mendaftarka akun pada website pajak.

Cara Mengajukan EFIN untuk Lapor Pajak

Sementara itu untuk mengajukan EFIN sendiri Anda haruslah datang langsung ke KP2P atau KPP yang paling dekat, tidka boleh diwakilkan karena harus wajib pajaknya sendiri. Disana Anda akan melakukan pengisian data, tandatangan, dan menyampaikan formulir permohonan aktivasi EFIN.

Jangan lupa untuk menujukkan dokumen KTP bagi WNI atau Paspor serta KITAS/KITAP bagi seorang WNA. Selain itu ada pula NPWP. Dokumen asli hanya akan ditujukkan saja sedangkan yang salinan atau fotocopy akan diserahkan. Setelah Anda memperoleh EFIN silahkan daftarkan akun E-Filling lewat website.

Jika berhasil Anda dapat langsung login dengan password yang sudah dibuat ketika pendaftaran. Sebelum  mengisi Espt guna lapor pajak hari ini pake DJP online Anda haruslah tahu bahwa ada 3 jenis formulir yang digunakan untuk hal ini yakni Formulit 1770 S, Formulir 1770 SS, dan Formulir 1770 S.

Tentukan Jenis Formulir

Nah, setelah Anda menetukan jenis formulirnya maka langsung saja isi SPT tahunan. Langkah awal silahkan siapkan bukti potong formulir 1721 A1 yakni bukti pemotongan dari PPH Pasal 21 dan jika ada tambahkan juga bukti potong PPH 21 final.

Siapkan Daftar Hutang, Harga dan Kartu Keluarga

Kemudian siapkan juga daftar hutang, daftar harga, dan KK atau Kartu Keluarga. Isilah e-SPT lewat aplikasi e-Filling. Usahakan untuk melakukannya sesuai dengan langkah-langkah yang disebutkan. Jika Anda sudah melengkapi dan mengisi semua formulirnya silahkan minta verifikasi untuk mengirim EFIN.

Biasanya kode dari verifikasi tersebut akan dikirimkan via Email yang sudah Anda daftarkan. Langkah selanjutnya untuk lapor pajak hari ini pake DJP online adalah kirim SPT secara online dengan mengisi kode verifikasi. Jika berhasil akan ada status e-SPT serta Bukti Penerimaan Elektronik lewat Email.

Reffy Elsa Revanda
Umur gue 21 tahun, tinggal di Lampung. Morning person yang suka dengan hal-hal baru. Pernah terlibat diprojek web building, desain grafis, data scientist, dan social media strategist. Sekarang lagi ngerjain projek infopajak.co.id bareng teman-teman.