Sri Mulyani Lantik Pejabat
Sri Mulyani Lantik Pejabat

Lantik 32 Pejabat, Sri Mulyani : Tugas Sungguh Berat

Sri Mulyani pada tanggal 5 Februari 2021 baru saja lantik 32 pejabat Ditjen pajak yang akan ditugaskan diseluruh penjuru Indonesia.
Sri Mulyani pada tanggal 5 Februari 2021 baru saja lantik 32 pejabat Ditjen pajak yang akan ditugaskan diseluruh penjuru Indonesia.

Sri Mulyani pada tanggal 5 Februari 2021 baru saja lantik 32 pejabat Ditjen pajak. Tidak hanya sekedar melakukan pelantikan saja, karena menurutnya tugas yang harus dihadapi oleh para pegawai baru tersebut  sungguh berat , terutama dalam hal mengamankan penerimaan negara Indonesia.

Sri Mulyani Lantik Pejabat
Sri Mulyani Lantik Pejabat

Tahun ini memanglah fase yang menyulitkan, karena tidak hanya negara kita saja yang mengalami pandemi. Oleh sebab itu banyak negara yang mengalami penurunan dalam jumlah rasio pajak terutama Indonesia.

Sri Mulyani juga menyampaikan bahwa otoritas dari pajak sangat dituntut supaya mampu mengamankan pendapatan negara. Namun tidak sampai disitu saja karena pada waktu yang bersamaan DJP juga diminta supaya menggelontorkan insentif supaya dunia bisnis dapat segera kembali normal dan bangkit.

Penyampaian dari Sri Mulyani menilai bahwa tugas ini sangatlah berat dan beliau tidak berani memakai kata tidak ringan karena skalanya memang besar. Selain tuntutan dari tugas-tugas tadi para pejabat DJB yang sudah dilantik juga wajib menjaga integritas.

Dengan menjalankan reformasi yang ada di dalam bagian tubuh otoritas perpajakan. Untuk reformasi yang dimaksudkan sendiri yakni menyangkut Sumber daya Manusia atau SDM, Pembangunan, Organisasi, dan Pengelolaan. Secara khusus setelah lantik 32 pejabat Ditjen Pajak Sri Mulyani juga memberikan pesan-pesan khusus.

Yakni terkait perkembangan ekonomi basis digital dan peranan penting dari pajak. Telebih Indonesia akan menjadi tuan rumah dari KTT G20 pada tahun 2022 nanti. Tentunya hal ini akan membahas mengani isu penting dari perpajakn skala internasional.

Sri Mulyani juga memberikan harapan kepada pejabat DJP agar mampu mengemban tugas yang dinilainya sangat berat itu dengan sempurna. Artinya semua target yang sudah disepakati sebelumnya dapat tercapai dan terlaksana dengan baik.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa setelah lantik 32 pejabat Ditjen Pajak, bukan berarti tugasnya semakin ringan. Namun sungguh masih berat sehingga membutuhkan kontribusi antara para pegawai supaya dapat menjalankan amanah dari Menteri Keuangan Indonesia yakni Sri Mulyani.

Reffy Elsa Revanda
Umur gue 21 tahun, tinggal di Lampung. Morning person yang suka dengan hal-hal baru. Pernah terlibat diprojek web building, desain grafis, data scientist, dan social media strategist. Sekarang lagi ngerjain projek infopajak.co.id bareng teman-teman.