Lapor SPT Tahunan
Lapor SPT Tahunan

Komentar Artis Terkait Lapor SPT Tahunan

Banyak selebriti tanah air yang sudah punya NPWP namun belum melaporkan SPT nya. Tapi tidak sedikit pula yang sudah lapor SPT tahunan.
Banyak selebriti tanah air yang sudah punya NPWP namun belum melaporkan SPT nya. Tapi tidak sedikit pula yang sudah lapor SPT tahunan.

Pemberlakuan lapor SPT tahunan terkait pajak ternyata tidak hanya mengundang komentar dari netizen saja, melainkan sederetan artis juga ikut memberikan suaranya. Hal itu dikarenakan muncul pemberitaan bahwa meskipun banyak selebriti tanah air yang sudah punya NPWP namun belum melaporkan SPT nya dengan baik.

Lapor SPT Tahunan
Lapor SPT Tahunan

Bahkan hal inipun pernah diungkapkan oleh Direktorat Jendral Pajak pada tahun 2016 silam. Tentu saja banyak yang kaget, bahkan dalam penyampainnya ini para artis tersebut juga belum banyak yang memiliki NPWP. Menanggapi hal tersebut beberapa publik figure mulai angkat bicara.

Menurutnya penjelasan yang disampaikan oleh Direktorat Jendral Pajak Kemenkeu membuat rasa kaget yang luar biasa. Pasalnya memang permasalahan ini tidaklah terlalu diungkap media sehingga tidak banyak orang tahu bahwa artis juga masih belum mengantongi NPWP dan lapor SPT tahunan dengan benar.

Namun dari yang memberikan komentar tersebut mengaku sudah mempunyai NPWP. Karena baginya mengurus surat ini bukanlah permasalahan yang sulit sehingga seharusnya memang diprioritaskan oleh masyarakat jadi bukan hanya para selebriti saja.

Pada sebelumnya, Muhammad Hanif sebagai Kepala Kantor Wilayah Pajak Jakarta Khusus ikut menegaskan bahwa pernyataan ini memang benar adanya. Menurutnya tidak hanya ada satu sampai dua artis saja yang masih belum punya Nomor Peserta Wajib Pajak atau NPWP namun banyak.

Ada lagi, menurut Hanif meskipun sudah memilikinya namun kenyataannya SPT tahunan yang seharusnya menjadi kewajiban bagi wajib pajak tidaklah mereka lakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sehingga hal ini menjadikan Indonesia semakin miris karena sedang berada di masa perbaikan untuk tax based dalam negeri. Adanya perbaikan ini untuk menunjang jalannya dari tax amnesty. Sehingga seharusnya rasa sadar diri terkait hal ini haruslah di pupuk supaya tidak berkelanjutan.

Sebenarnya untuk masalah lapor SPT tahunan itu sudah diberlakukan sejak lama. Hanya saja masyarakat masih terlalu abai dan memberikan respon yang kurang mendukung. Yakni dengan menanyakan buat apa sih harus repot lapor padahal sudah rutin bayar pajak. Padahal semua ini adalah kewajiban jadi harus diikuti.

Reffy Elsa Revanda
Umur gue 21 tahun, tinggal di Lampung. Morning person yang suka dengan hal-hal baru. Pernah terlibat diprojek web building, desain grafis, data scientist, dan social media strategist. Sekarang lagi ngerjain projek infopajak.co.id bareng teman-teman.