Klarifikasi Sri Mulyani Terkait Aksi Protes Investor Saham

Ketegangan yang bermula dari berita simpang siur tentang klarifikasi Sri Mulyani terkait aksi protes investor saham ini akhirnya menemukan titik tengah.
Ketegangan yang bermula dari berita simpang siur tentang klarifikasi Sri Mulyani terkait aksi protes investor saham ini akhirnya menemukan titik tengah.

Ketegangan hubungan antara Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan para investor saham sepertinya sudah mulai mereda dengan adanya klarifikasi yang diucapkan oleh Sri Mulyani. Ketegangan yang bermula dari berita simpang siur tentang klarifikasi Sri Mulyani terkait aksi protes investor saham ini akhirnya menemukan titik tengah.

Klarifikasi Sri Mulyani Terkait Aksi Protes Investor Saham
Klarifikasi Sri Mulyani Terkait Aksi Protes Investor Saham

Lantas, bagaimana kelanjutan masalah ini? Bagaimana klarifikasinya? Simak jawaban selengkapnya di bawah ini.

Klarifikasi Sri Mulyani Terkait Masalah Bea Materai

Berita klarifikasi Sri Mulyani terkait aksi protes investor saham akhirnya bisa menenangkan keresahan masyarakat. Rencana pemerintah yang semula ingin memberlakukan materai setiap kali Anda melakukan transaksi pun akhirnya ditunda setelah adanya aksi protes yang dilakukan oleh para investor saham, ritel, dan semacamnya.

Aksi protes ini dilakukan karena adanya rencana pemerintah yang mau memberlakukan bea materai Rp 10.000 setiap kali melakukan transaksi saham. Keresahan ini akhirnya diklarifikasi oleh Sri Mulyani. Menteri Keuangan RI ini menanggapi bahwa transaksi saham yang dikenai bea materai bukan pajak transaksinya, melainkan pajak dokumennya.

Dalam hal ini, bea meterai yang wajib dipakai oleh para investor saham adalah yang berhubungan dengan surat-surat berharga, surat perjanjian, surat keterangan, dan dokumen berharga lainnya. Namun, penggunaan bea materai yang dilakukan oleh para investor ini cukup dilakukan sebanyak satu kali saja saat transaksi saham. Dengan adanya klarifikasi ini, kesalahpahaman antara para investor saham dengan kebijakan yang diatur Sri Mulyani pun bisa diselesaikan.

Sri Mulyani Minta Lindungi Investor Kecil di Pasar Saham

Adanya aksi protes dari para investor saham membuat pemerintah harus turun tangan, salah satunya adalah melakukan klarifikasi Sri Mulyani terkait aksi protes investor saham.

Aksi ini nyatanya mampu membuat pemerintah menerapkan kebijakan terkait masalah bea materai dengan meminta BEI untuk melindungi para investor kecil yang bermain di pasar saham.

Sri Mulyani juga menegaskan jika penerapan bea materai ini hanya dilakukan sekali. Artinya, dalam setiap transaksi saham cukup dibutuhkan sekali bea materai.

Reffy Elsa Revanda
Umur gue 21 tahun, tinggal di Lampung. Morning person yang suka dengan hal-hal baru. Pernah terlibat diprojek web building, desain grafis, data scientist, dan social media strategist. Sekarang lagi ngerjain projek infopajak.co.id bareng teman-teman.