Kantor Pelayanan Pajak

KPP melaksanakan kegiatan penyuluhan, pengawasan, dan pelayanan kepada wajib pajak baik yang belum terdaftar dan sudah terdaftar.
KPP melaksanakan kegiatan penyuluhan, pengawasan, dan pelayanan kepada wajib pajak baik yang belum terdaftar dan sudah terdaftar.

Akhir-akhir ini jumlah dari KPP atau Kantor Pelayanan Pajak Madya menjadi berita hangat yang banyak diperbincangkan. Adapun alasan utama penambahan kantor ini ialah meningkatkan efektivitas serta efesiensi dalam pelayanan, sehingga ditambahkan lagi sebanyak 18 unit kantor.

kantor pelayanan pajak
Kantor Pelayanan Pajak

Dalam penambahan ini diharapkan tata kerja terkait fiskus diestimasi bisa lebih jelas dalam konteks pengumpulan penerimaan. Untuk itu kinerja ini juga seolah menjadi harapan baru agar efek domino dalam perfoma DJP, terutama dalam penerimaan jangka panjang.

Kebijakan Baru Terkait Kantor Pelayanan Pajak

Kebijakan baru ini membuat sebagian besar wajib pajak yang telah terdaftar akan dikumpulkan menjadi satu di KPP Madya. Sementara untuk KPP Pratama sendiri akan berkamuflase menjadi garda paling depan dalam kegiatan ekstensifikasi atau penambaan para wajib pajak baru.

Dalam Peraturan Menteri Keuangan sendiri Kantor Pelayanan Pajak atau KPP merupakan isntansi vertikal dari pihak DJP yang bekerja di bawah serta mempunyai tanggungjawab secara langsung kepada Kanwil atau Kepala Kantor Wilayah. Perlu diketahui juga bahwa KPP mempunyai sejumlah tugas penting.

Tugas Penting dari KPP

Yakni melaksanakan kegiatan penyuluhan, pengawasan, dan pelayanan kepada wajib pajak baik yang belum terdaftar dan sudah terdaftar. KPP dibedakan menjadi 3 jenis yaitu KPP WP besar yang merupakan Kantor dengan tugas khusus untuk bagian administrasi atau menangani wajib pajak dalam lingkup skala nasional.

Kedua KPP Madya yaitu kantor yang secara khusus mengurus wajib pajak badan dengan penghasilan lumayan besar dalam wilayah kota maupun kabupaten. Contohnya KPP Madya Surabaya, KPP Madya Jakarta, KPP Madya Malang, dan lain sebagainya.

Ketiga KPP Pratama merupakan kantor yang akan menangani persoalan wajib pajak lokasi. KPP ini juga sering dinamai sebagai Small Tax Office dengan keberadaan yang lebih tersebar di seluruh kawasan Indonesia. Jika dibandingkan dengan yang lain KPP Pratama menangani wajib pajak dengan jumlah yang lebih besar.

Hal ini memanglah wajar mengingat KPP Pratama merupakan golongan wajib pajak yang tidak termasuk sebagai WP besar sehingga kuantitasnya akan jauh lebih tinggi. Berdasarkan ulasan tadi sekarang Anda lebih mengetahui tentang perbedaan segmentasi pelayanan dari Kantor Pelayanan Pajak.

Reffy Elsa Revanda
Umur gue 21 tahun, tinggal di Lampung. Morning person yang suka dengan hal-hal baru. Pernah terlibat diprojek web building, desain grafis, data scientist, dan social media strategist. Sekarang lagi ngerjain projek infopajak.co.id bareng teman-teman.