Mixed-race businesman answering questions of investors at meeting

Kabar Gembira, 2021 Insentif Pajak Diperpanjang Lagi!

Kabar gembira buat Anda, 2021 insentif pajak diperpanjang. Lantas bagaimana cara untuk mendapatkan insentif pajak di tahun 2021 ini?
Kabar gembira buat Anda, 2021 insentif pajak diperpanjang. Lantas bagaimana cara untuk mendapatkan insentif pajak di tahun 2021 ini?

Kabar gembira buat Anda para pelaku pajak, sebab di tahun 2021 insentif pajak diperpanjang lagi. Tentu hal ini bisa menjadi angin segar buat Anda, apalagi di kala pandemi seperti saat ini. Kabar gembira ini juga bukan kabar burung.

Sebab, berdasarkan keputusan dari Menteri Keuangan RI Sri Mulyani, insentif pajak akan diperpanjang sampai bulan Juni 2021. Beberapa fasilitas yang akan diterima para wajib pajak dengan diberlakukannya insentif pajak Covid 19 akan dijelaskan secara lengkap seperti yang ada di bawah ini!

Insentif Pajak Diperpanjang
Insentif Pajak Diperpanjang

Fasilitas Insentif Pajak Diperpanjang pada Tahun 2021

Beberapa fasilitas yang bakal diterima oleh para wajib pajak dengan pemberlakukan keputusan Menteri Keuangan yang terbaru adalah fasilitas pajak untuk para pelaku usaha barang atau jasa yang bergerak di bidang penanganan pandemi Covid 19 serta memperpanjang pemberlakuan fasilitas PPh berdasarkan Peraturan Pemerintahan per tanggal 29/20.

Fasilitas yang akan diterima saat 2021 insentif pajak diperpanjang lagi misalnya pemberian insentif PPN bagi barang impor yang berkaitan dengan penanganan Covid 19 agar dikurangi atau tidak dikenai pajak. Beberapa barang impor yang akan mendapatkan insentif adalah obat-obatan, vaksin, peralatan vaksinasi, pelindung pakaian, alat-alat laboratorium, alat pendeteksi Covid 19, dan sejenisnya.

Kemudian ada pemberian insentif PPh. Insentif ini diberikan pada para wajib pajak yang memiliki badan usaha atau pelaku jasa yang sumber penghasilannya berasal dari penyerahan jasa selama penanganan pandemi Covid 19.

Daftar Insentif Pajak yang Akan Diberikan Selama Covid 19

Selain kedua fasilitas pajak di atas, ada beberapa insentif lain yang akan diberikan bagi para wajib pajak dengan diberlakukannya peraturan 2021 insentif pajak diperpanjang lagi.

Mulai bulan Januari 2021, insentif pajak bagi para pelaku usaha UMKM akan diberikan sebesar 0,5%, sehingga para pelaku UMKM tersebut akan mendapatkan keringanan berupa potongan pajak atau bahkan dibebaskan membayar pajak selama pandemi Covid 19 berlangsung.

Perpanjangan masa pemanfaatan Insentif Pajak sampai dengan 30 Juni 2021 sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan nomor 9/PMK.03/2021 yang terdiri dari:
a. Insentif PPh Pasal 21
b. Insentif Pajak UMKM
c. Insentif PPh Final Jasa Konstruksi
d. Insentif PPh Pasal 22 Impor
e. Insentif Angsuran PPh Pasal 25
f. Insentif PPN

Kebijakan ini diberikan pemerintah sebagai upaya untuk membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid 19.

Reffy Elsa Revanda
Umur gue 21 tahun, tinggal di Lampung. Morning person yang suka dengan hal-hal baru. Pernah terlibat diprojek web building, desain grafis, data scientist, dan social media strategist. Sekarang lagi ngerjain projek infopajak.co.id bareng teman-teman.