Ilustrasi Lapor Pajak Online 2021
Ilustrasi Lapor Pajak Online 2021

Inilah 3 Cara Mudah Lapor SPT Tahunan

Lapor SPT tahun bisa dilakukan secara online tanpa harus bertatap muka. Begini 3 cara mudah Lapor SPT Tahunan, mudah, cepat, gak ribet.
Lapor SPT tahun bisa dilakukan secara online tanpa harus bertatap muka. Begini 3 cara mudah Lapor SPT Tahunan, mudah, cepat, gak ribet.

Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, ada ketentuan baru yang berubah di spt tahunan 2020. Pembaruan ini bisa jadi berita baik dan buruk buat Anda. Berita baiknya, Lapor SPT tahunan bisa dilakukan secara online tanpa harus bertatap muka.

Lapor SPT Tahunan
Lapor SPT Tahunan

Sedangkan berita buruknya, Anda harus belajar beradaptasi dengan peraturan-peraturan baru yang digunakan saat membayar pajak. Tapi tenang saja, untuk mengatasi masalah tersebut Anda bisa memakai beberapa cara membayar SPT tahun 2020 di bawah ini.

Lapor SPT Tahunan Lewat Kantor Pos/Jasa Ekspedisi

Sejak tahun 2020, penyampaian SPT tahunan bisa dilakukan lewat kantor pos atau jasa ekspedisi. Caranya adalah dengan mengirimkan bukti berkas pembayaran spt tahunan 2020 ke KPP tempat Anda terdaftar sebagai wajib pajak. Anda bisa melihat alamat KPP yang benar di laman www.pajak.go.id/lapor-tahunan.

Pengiriman berkas ini harus dikirim menggunakan amplop khusus SPT tahunan yang sudah diunduh terlebih dahulu di situs resmi perpajakan. Jika sudah, barulah Anda bisa mengirimkannya lewat pos atau jasa ekspedisi.

Lewat Situs DJP Online

Cara lain yang lebih mudah digunakan untuk membayar SPT tahunan adalah lewat situs DJP online. Jika Anda menggunakan cara ini, ada 3 mekanisme penyampaian SPT yang bisa dipilih, yaitu menggunakan:

1) e-Filing yang diisi secara langsung, 2) e-Filing yang menyertakan bukti upload CSV hasil aplikasi e-SPT, dan 3) e-Form yang menggunakan formulir SPT elektronik secara online. Agar bisa membayar SPT, Anda harus memiliki e-FIN yang bisa diajukan di situs www.pajak.go.id.

Lewat Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP)

Cara terakhir untuk membayar spt tahunan 2020 adalah lewat PJAP. Anda bisa menyampaikan laporan SPT tahunan Anda secara elektronik melalui Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) secara gratis karena PJAP ini sudah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak seperti BNI, BRI, Sipajak, Pajakku, dan Accurate.id.

Dari beberapa rekanan PJAP tersebut, Anda bisa memilih salah satunya sebagai sarana Anda menyampaikan laporan SPT tahunan.

Reffy Elsa Revanda
Umur gue 21 tahun, tinggal di Lampung. Morning person yang suka dengan hal-hal baru. Pernah terlibat diprojek web building, desain grafis, data scientist, dan social media strategist. Sekarang lagi ngerjain projek infopajak.co.id bareng teman-teman.