Perbedaan eFiling dan Eform
Perbedaan eFiling dan Eform

Ini Perbedaan eFiling dan eForm di DJP Online

Seperti yang kita ketahui, sistem pelaporan SPT memiliki beberapa sistem diantaranya e-filing dan e-form. Berikut perbedaan antara keduanya!
Seperti yang kita ketahui, sistem pelaporan SPT memiliki beberapa sistem diantaranya e-filing dan e-form. Berikut perbedaan antara keduanya!

Seperti yang kita ketahui, sistem pelaporan SPT memiliki beberapa sistem diantaranya e-filing dan e-form. Hal ini demi meningkatkan fleksibilitas wajib pajak dalam melaporkan SPT, perbedaan efiling dan eform sendiri terdapat pada pengaksesan jaringan internet.

Perbedaan eFiling dan Eform
Perbedaan eFiling dan Eform

Pada dasarnya kedua sistem tersebut memiliki kedudukan yang sama dalam mengumpulkan laporan surat pemberitahuan tahunan (SPT). Proses e-filing sendiri bisa diartikan sebagai pelaporan real time. Sedangkan e-form adalah bentuk kombinasi dari sistem online dan offline.

Dari kedua sistem tersebut bisa disimpulkan, bahwasanya kegunaanya sama, namun cara penggunaanya yang berbeda.

Perbedaan eFiling dan eForm

Gambaran sederhana tentang perbedaan efiling dan eform bisa diambil dari cara kerjanya yang memiliki perbedaan yaitu menganut sistem online (e-filing) dan semi online (e-form).

Jika menggunakan e-filing, pengisian SPT dapat dilakukan secara online (real time). Artinya, jika terjadi gangguan yang menyebabkan eror jaringan saat mengakses e-filing, semua data yang sudah terisi kemungkinan besar tidak tersimpan dan harus mengulanginya dari awal.

Sedangkan jika melalui e-form bisa dilakukan kapan saja, dengan catatan wajib pajak telah mendownload formulir SPT yang nantinya diperlukan dalam pengisian SPT.

Selain itu, melalui e-form dirasa jauh lebih fleksibel mengingat bisa dilanjutkan dikemudian hari, wajib pajak dapat menyimpan dokumen pengisian SPT tersebut sampai akhirnya memiliki waktu yang cukup untuk menyerahkan surat pemberitahuan tahunan tersebut.

Namun keuntungan menggunakan efiling tentu bisa dimanfaatkan bagi wajib pajak yang memiliki mobilitas tinggi, mengingat dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun selagi terhubung jaringan internet, baik itu menggunakan handphone maupun komputer atau laptop.

Untuk eform sendiri tentu hal itu tidak bisa dilakukan, karena file formulir hanya bisa diakses melalui perangkat komputer atau laptop mengingat file tersebut berekstensi .XFDL yang tidak bisa dibuka menggunakan ponsel.

Penutup

Meskipun perbedaan efiling dan eform tidak sepenuhnya lepas dari koneksi, namun dengan adanya sistem e-form yang bisa dibilang semi-online, diharapkan bisa mengantisipasi gangguan jaringan internet yang mungkin terjadi sewaktu – waktu.

Sehingga para wajib pajak bisa memiliki opsi lain apabila mengalami eror jaringan yang disebabkan ganguan sistem saat melakukan pelaporan pajak di DJP Online.

Reffy Elsa Revanda
Umur gue 21 tahun, tinggal di Lampung. Morning person yang suka dengan hal-hal baru. Pernah terlibat diprojek web building, desain grafis, data scientist, dan social media strategist. Sekarang lagi ngerjain projek infopajak.co.id bareng teman-teman.