Ini Keuntungan Segera Lapor Pajak Lebih Awal

Segera lapor pajak lebih awal, karena lebih awal lebih nyaman. Tapi, kenapa sih kita harus lapor pajak sekarang? Apa manfaatnya? Simak pejelasannya
Segera lapor pajak lebih awal, karena lebih awal lebih nyaman. Tapi, kenapa sih kita harus lapor pajak sekarang? Apa manfaatnya? Simak pejelasannya

Pajak secara ekonomi merupakan sumber daya sektor privat yang berpindah ke sektor publik yang pengelolaannya dilaksanakan oleh negara. Segera lapor pajak lebih awal membuat negara akan mendapatkan kemampuan secara ekonomi untuk menyediakan fasilitas umum bagi masyarakat. Pada segi hukum, maka masyarakat sebagai wajib pajak harus membayar pajak sesuai undang-undang yang berlaku.

Lapor Pajak Sekarang
Lapor Pajak Sekarang

Negara sebagai pemilik tanggung jawab dalam pengelolaan pajak akan mengatur agar berguna bagi penyelenggaraan pemerintahan. Perlu diketahui bahwa fungsi pajak adalah sebagai anggaran negara atau sumber pendapatan negara yang diimbangi dengan pengeluaran negara. Pajak sebagai regulasi untuk mengatur bidang sosial dan ekonomi

Segera lapor pajak lebih awal supaya memperoleh fungsi regulasi seperti menghambat inflasi, melindungi produk dalam negeri, menarik investasi, dan kegiatan ekspor. Kemudian, untuk distribusi pemerataan kesejahteraan berupa jaminan kesehatan, fasilitas publik, dan bantuan.  Serta fungsi stabilitas sebagai peningkatan pendapatan negara, sehingga ada kenaikan pajak.

Keuntungan Segera Lapor Pajak Lebih Awal

1. Waktu dan Biaya Tidak Terbuang

Ingin lebih nyaman dan tentram dalam keuangan, Anda bisa melakukan kewajiban sebagai wajib pajak untuk segera membayar pajak. Jika, bayar lebih awal tentu akan menguntungkan dari segi waktu dan biaya yang lebiih efisien. Jadi, Anda akan memiliki waktu lebih banyak untuk hal lain dan biaya tidak bertambah. Sehingga, keuangan Anda lebih baik dan sehat.

2. Ringankan Kerja Petugas Pajak

Mengantisipasi kerja petugas pajak yang sibuk karena banyak wajib pajak yang melakukan laporan mendekati batas waktu. Maka, segera lapor pajak lebih awal agar petugas pajak lebih ringan. Menghindari dan mengantisipasi beban server juga untuk pelaporan secara online yang apabila menumpuk dan banyak akan mengalami kemacetan.

3. Hindarkan Kesalahan Perhitungan

Wajib pajak yang tidak segera melaporkan pajak akan terkenan sanksi atau denda serta tindakan terburu-buru. Jika, Anda sebagai wajib pajak melaporkan berdekatan atau pas batas waktu, maka akan tergesa-gesa. Hal itu, memungkinkan akan mengalami terjadi kesalahan dalam perhitungan pajak yang semestinya harus dibayar.

Nah, segera lapor pajak lebih awal akan lebih baik sebagai antisipasi untuk hindari telat atau mepet waktu serta denda maupun sanksi. Membayar pajak tepat waktu pasti akan berpengaruh pada perekonomian dan stabilitas pada suatu negara. Dengan begitu, masyarakat akan memperoleh haknya dengan baik dan negara pun akan memeberikan fasilitas baik.

Lapor Pajak Sekarang lewat DJP Online

Reffy Elsa Revanda
Umur gue 21 tahun, tinggal di Lampung. Morning person yang suka dengan hal-hal baru. Pernah terlibat diprojek web building, desain grafis, data scientist, dan social media strategist. Sekarang lagi ngerjain projek infopajak.co.id bareng teman-teman.