Sanksi Denda Telat Lapor SPT Tahunan
Sanksi Denda Telat Lapor SPT Tahunan

Ini Denda Telat Lapor SPT dan Cara Bayarnya

Denda telat lapor SPT tahunan pribadi yaitu Rp100.000, sedangkan untuk badan sebesar Rp1.000.000 per tahun.
Denda telat lapor SPT tahunan pribadi yaitu Rp100.000, sedangkan untuk badan sebesar Rp1.000.000 per tahun.

Menurut ketentuan Undang – Undang No.28/2007 perubahan ketiga atas UU No.6/1983 terkait Ketentuan umum dan prosedur perpajakan, maka denda telat lapor SPT tahunan pribadi yaitu Rp100.000, sedangkan untuk badan sebesar Rp1.000.000 per tahun.

Sanksi Denda Telat Lapor SPT Tahunan
Sanksi Denda Telat Lapor SPT Tahunan

Sebelumnya Direktorat Jenderal Pajak (DJP) telah mengimbau bagi wajib pajak agar tetap melaporkan SPT Tahunan, meskipun batas waktu pelaporan sudah melewati tanggal yang sudah ditentukan agar denda tidak terus menumpuk.

Sebenarnya tidak sulit untuk melaporkan SPT Tahunan, seiring kemudahan layanan yang sudah diberikan saat ini, terlebih semuanya sudah berbasis online.

Adapun batas pelaporan SPT tahunan yang harus diketahui agar terhindar dari keterlambatan. Bagi wajib pajak pribadi, diberi waktu paling lambat tiga bulan setelah batas akhir tahun, tepatnya pada akhir bulan Maret.

Sedangkan batas waktu pelaporan SPT badan paling lama sampai empat bulan setelah batas akhir tahun, yaitu akhir bulan April.

Besaran denda telat lapor SPT yang dibebankan juga belum termasuk akibat keterlambatan membayar pajak saat status SPT belum terbayar. Pasalnya, terdapat bunga tambahan yang akan membesar apabila keduanya tidak segera dibayarkan.

Cara Bayar Denda Telat Lapor SPT Tahunan

Perlu diketahui, untuk membayar denda telat lapor SPT hanya bisa dilakukan apabila sudah mendapatkan STP. Maka dari itu, sebaiknya anda mengunjungi kantor pelayanan pajak (KPP) terdekat jika belum mendapatkan dokumen tersebut.

Untuk cara pembayaranya sendiri bisa melalui situs resmi DJP Online. Namun siapkan dokumen SPT untuk membantu mengisi detail informasi yang mungkin diperlukan. Berikut langkah – langkah cara bayar denda telat lapor SPT tahunan pribadi.

  • Buka situs DJP Online.
  • Login menggunakan nomor NPWP dan password yang terdaftar.
  • Selanjutnya pilih menu e-Billing.
  • Kemudian klik Isi SSE.
  • Pilih jenis pajak 411125-PPh Pasal 25/29 OP.
  • Jenis setoran 300-SPT.
  • Pada kolom masa pajak isi Januari – Desember.
  • Sedangkan tahun pajak isi sesuai tahun yang tertera pada SPT.
  • Untuk form nomor ketetapan juga diisi sesuai yang tercantum pada SPT.
  • Begitu juga jumlah setoran, sesuaikan dengan SPT.
  • Kemudian klik simpan dan ikuti petunjuk selanjutnya sampai terdapat tombol cetak kode billing.
  • Selanjutnya lakukan pembayaran menggunakan kode billing tersebut.

Pembayaranya sendiri bisa dilakukan melalui transfer bank (Semua Bank) virtual account (Internet/m-banking) atau kantor pos.

Reffy Elsa Revanda
Umur gue 21 tahun, tinggal di Lampung. Morning person yang suka dengan hal-hal baru. Pernah terlibat diprojek web building, desain grafis, data scientist, dan social media strategist. Sekarang lagi ngerjain projek infopajak.co.id bareng teman-teman.