Ini Daftar 21 Mobil yang Dapat PPnBM Ditanggung Pemerintah

Inilah daftar 21 mobil yang mendapat PPnBM ditanggung pemerintah pada tahun 2021. Berikut daftar lengkapnya serta ketentuan-ketentuan lengkapnya.
Inilah daftar 21 mobil yang mendapat PPnBM ditanggung pemerintah pada tahun 2021. Berikut daftar lengkapnya serta ketentuan-ketentuan lengkapnya.

Senin tanggal 1 Maret tahun 2021 menjadi hari dimana pemerintah mulai memberikan relaksasi PPnBM terhadap 21 mobil. Memang benar hanya ada daftar 21 mobil yang dapat PPnBM, untuk itu bagi para pemilik diharapkan bisa cermat dalam menyikapi kebijakan dari pemerintah.

Daftar 21 Mobil Gratis PPnBM | Liputan6.com

Tujuan Kebijakan

Adapun tujuan pemberlakuan dari kebijakan ini ialah supaya pemilik industri otomotif bisa lebih bergairah. Pasalnya selama tahun 2020 semua sektor terdampak karena pandemi corona. Itu menyebabkan penurunan penjualan yang sangat dratis sehingga membuat perusahaan cukup merugi.

Meskipun sempat terjadi tarik ulur antara pihak menteri perindustrian dan menteri keungan pada akhirnya hasil akhir menunjukkan relaksasi terhadap daftar 21 mobil yang dapat PPnBm terlaksana juga lewat peraturan Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 169 tahun 2021.

Syarat Mobil yang Dapat PPnBM

Sementara itu ada beberapa syarat untuk kendaraan roda empat yang memperoleh kebebasan PPnBM. Diantaranya seperti sedan berkapasitas mesin di bawah 1.500 cc, mobil yang memiliki kubikasi mesin kurang dari 1.500 cc berpenggerak dua roda atau 4 x 2.

Terakhir adalah mobil memenuhi kandungan komponen TKD atau tingkat komponen dalam negeri miimal 70%. Sedangkan untuk daftar 21 mobil yang dapat PPnBm 0% tersebut diantaranya adalah sebagai berikut. Silahkan cermati baik-baik supaya memahami nama-nama merknya.

  1. Wuling Confero (semua varian)
  2. Suzuki XL7 (semua varian)
  3. Suzuki Ertiga (semua varian)
  4. Honda HRV (semua varian)
  5. Honda BRV (semua varian)
  6. Honda Mobilio (semua varian)
  7. Honda Brio RS (semua varian)
  8. Nissan Livina (semua varian)
  9. Mitsubishi Xpander Cross (semua varian)
  10. Mitsubishi Xpander (semua varian)
  11. Dihatsu Rocky (semua varian)
  12. Toyota Raize (semua varian)
  13. Toyota Rush (semua varian)
  14. Daihatsu Terios (semua varian)
  15. Daihatsu Luxio (semua varian)
  16. Daihatsu Grand Max Minibus (semua varian)
  17. Toyota Avanza (semua varian)
  18. Daihatsu Xenia (semua varian)
  19. Toyota Sienta (semua varian)
  20. Toyota Vios (semua varian)
  21. Toyota Yaris (semua varian)
Reffy Elsa Revanda
Umur gue 21 tahun, tinggal di Lampung. Morning person yang suka dengan hal-hal baru. Pernah terlibat diprojek web building, desain grafis, data scientist, dan social media strategist. Sekarang lagi ngerjain projek infopajak.co.id bareng teman-teman.