Cara Mendapatkan Insentif Pajak Akibat Covid19

Bagaimana cara mendapatkan insentif pajak akibat Covid 19? Mari simak bersama-sama di bawah ini!

Terjadinya pandemi telah melumpuhkan berbagai sektor bidang pekerjaan, utamanya para pengusaha dan pemilik UMKM. Untuk menanggulangi dampak Covid 19, direktorat jenderal pajak memberikan insentif pajak untuk meringankan beban para wajib pajak. Lantas, bagaimana cara mendapatkan insentif pajak akibat Covid 19? Mari simak bersama-sama di bawah ini!

Cara Mendapatkan Insentif Pajak
Cara Mendapatkan Insentif Pajak

Mengajukan Permohonan Cara Mendapatkan Insentif Pajak Secara Online

Jika Anda ingin mengajukan insentif pajak secara online, Anda harus masuk ke laman DJP Online. Masuk ke laman tersebut dengan cara memasukkan nomor NPWP dan kata sandi Anda. Setelah itu, Anda akan diarahkan ke menu utama situs pengajuan cara mendapatkan insentif pajak.

Anda juga bisa mengajukan insentif lewat laman www.pajak.go.id. Kemudian, pilih menu layanan dengan ikon KSWP, lalu pilihlah daftar insentif paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada tiga fasilitas insentif pajak yang tersedia, yaitu fasilitas PPh Pasal 21 yang bakal ditanggung oleh pemerintah, SKB PPh Pasal 22 Impor, dan fasilitas pengurangan PPh Pasal 25.

Mengisi Data-data yang Diperlukan

Untuk mendapatkan insentif, Anda harus mengisi data-data sesuai dengan fasilitas insentif pajak yang Anda pilih. Misalnya Anda memilih fasilitas PPh Pasal 21 ditanggung pemerintah, maka Anda harus mengajukan permohonan lewat situs resmi DJP Online. Isi data-data yang dibutuhkan untuk mendapatkan insentif tersebut sebenar-benarnya. Meski tidak semua wajib pajak yang mengajukan insentif pajak Covid 19 ini diterima, namun setidaknya Anda sudah berusaha.

Mengklaim Insentif Pajak yang Diberikan

Jika permohonan insentif pajak Anda diterima, cara mendapatkan insentif pajak yang harus Anda lakukan adalah mengklaim insentif pajak tersebut. Caranya, buka menu profil di akun DJP Online Anda.

Lalu aktifkan fitur layanan laporan insentif Covid 19. Centang kolom bertuliskan “e-reporting insentif Covid-19” dan Anda akan diarahkan pada menu kolom Daftar Pelaporan. Klik tulisan “Tambah” lalu pilih jenis pelaporan realisasi insentif yang diinginkan dari ketiga jenis fasilitas insentif yang diberikan.

Setelah memilih, isi kode keamanan yang muncul untuk memverifikasi data Anda. Tunggu beberapa saat dan Anda akan mendapatkan notifikasi sebagai penerima insentif pajak Covid 19. Terakhir, unggah berkas laporan realisasi insentif pajak yang Anda dapatkan lalu submit.

Reffy Elsa Revanda
Umur gue 21 tahun, tinggal di Lampung. Morning person yang suka dengan hal-hal baru. Pernah terlibat diprojek web building, desain grafis, data scientist, dan social media strategist. Sekarang lagi ngerjain projek infopajak.co.id bareng teman-teman.