Cara Membuat Kode Billing
Cara Membuat Kode Billing

Cara Membuat Kode Billing Sendiri Online

Ada beberapa opsi untuk mendapatkanya, misalnya mendatangi kantor pajak, lewat teller bank, melalui kantor pos, dan tentunya melalui situs resmi DJP online.
Ada beberapa opsi untuk mendapatkanya, misalnya mendatangi kantor pajak, lewat teller bank, melalui kantor pos, dan tentunya melalui situs resmi DJP online.

Cara membuat kode billing, Sebenarnya ada beberapa opsi untuk mendapatkanya, misalnya mendatangi kantor pajak, lewat teller bank, melalui kantor pos, dan tentunya melalui situs resmi DJP online.

Cara Membuat Kode Billing
Cara Membuat Kode Billing

Bagi sebagian orang pasti masih bingung dengan adanya kode billing, mengingat sebelumnya jika kita ingin membayar pajak harus mendatangi bank dengan melewati proses yang sudah ditentukan.

Melihat adanya potensi kesalahan dalam pengisian kode jenis setoran (KJS) maupun kode akun pajak (KAP) yang ditimbukan jika menggunakan sistem tersebut, akhirnya sistem E-billing diberlakukan.

Apa itu Kode Billing?

Kode billing atau E-billing adalah kode unik yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) bagi masing – masing pembayar pajak. Pemberlakuan E-billing semata untuk memudahkan wajib pajak dalam melakukan pembayaran secara online, tanpa harus melewati antrian bank.

Cara membuat kode billing paling mudah saat ini, bisa dilakukan melalui situs resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Cara Membuat Kode Billing

Untuk membuat kode billing kita perlu melakukan beberapa langkah. Namun, sebelumnya harus dipastikan sudah memiliki akun DJP. Bagi anda yang sudah mengaktifkan EFIN di kantor pelayanan pajak (KPP) terdekat, dan belum memiliki akun, silahkan membuat akun DJP online.

Jika sudah memiliki akun DJP aktif, ikuti langkah – langkah cara membuat kode billing berikut ini.

  • Login di situs resmi djp online dengan memasukan nomor NPWP dan kata sandi.
  • Selanjutnya pilih menu bayar.
  • Kemudian klik E-billing.
  • Lengkapi informasi yang dibutuhkan.
  • Selanjutnya klik buat kode billing.
  • Masukan kode keamanan.
  • Terakhir klik cetak.

Pada tahap ini kode billing berhasil dibuat, dan bisa digunakan sebagai kode unik pembayaran pajak secara online yang bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Kelebihan Menggunakan E-Billing

Selain menambah kemudahan, sistem E-billing juga menambah keakuratan serta mempersingkat waktu dalam melakukan pembayaran pajak, dan tentunya terintegrasi langsung dengan kantor pusat, sehingga transaksi menjadi lebih aman.

Bukan cuma itu, sistem perpajakan yang semakin canggih juga menghadirkan fitur cetak ulang nomor transaksi penerimaan negara (NTPN), yang bisa disimpan dalam bentuk PDF saat proses pembayaran pajak berhasil.

Hal ini tentu semakin memudahkan, pasalnya banyak kasus wajib pajak kehilangan tanda bukti tersebut yang nantinya akan menyulitkan mereka jika terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

Reffy Elsa Revanda
Umur gue 21 tahun, tinggal di Lampung. Morning person yang suka dengan hal-hal baru. Pernah terlibat diprojek web building, desain grafis, data scientist, dan social media strategist. Sekarang lagi ngerjain projek infopajak.co.id bareng teman-teman.