Begini 3 Cara Lapor Pajak Online Terbaru 2021

Saat ini, lapor pajak tak lagi dilakukan dengan cara bertatap muka, begini cara lapor pajak online 2021!
Saat ini, lapor pajak tak lagi dilakukan dengan cara bertatap muka, begini cara lapor pajak online 2021!

Saat ini, lapor pajak tak lagi dilakukan dengan cara bertatap muka atau datang ke kantor pajak. Kini, Anda bisa melakukan cara lapor pajak secara online. Cara ini adalah inovasi terbaru dari direktorat jenderal pajak untuk mempermudah masyarakat yang ingin melaporkan pajaknya. Buat Anda yang tertarik mencoba cara ini, coba lakukan langkah-langkahnya seperti yang ada di bawah ini!

Ilustrasi Lapor Pajak Online 2021
Ilustrasi Lapor Pajak Online 2021

Membuat EFIN Pajak

Jika Anda ingin lapor pajak secara online, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat EFIN pajak. EFIN atau Electronic Filing Identification Number adalah nomor elektronik khusus yang digunakan untuk membayar pajak online/ e-Filling pajak.
Untuk mendapatkan nomor pajak elektronik ini Anda harus melakukan cara lapor pajak seperti mengunduh berkas formulir EFIN di website resmi pajak. Isi formulir tersebut dengan data diri Anda secara lengkap. Kemudian formulir tersebut diunduh, dicetak, lalu disampaikan ke kantor pajak melalui email atau nomor whatsapp untuk mendaftarkan kode efin Anda.

Membuat Akun DJP Online

Jika EFIN Anda sudah terdaftar, maka hal yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah membuat akun DJP Online. Caranya adalah dengan mengunjungi situs DJP online, lalu masukkan nomor NPWP, nomor EFIN, dan alamat email Anda. Kalau sudah, tunggu beberapa menit hingga Anda menerima balasan email dari DJP, lalu verifikasi data diri Anda dengan mengklik tautan yang dikirimkan.

Lapor Pajak Anda

Langkah terakhir setelah membuat akun DJP Online adalah melaporkan pajak Anda. Bagi para pegawai swasta dan PNS, pastikan Anda sudah memiliki bukti potong yang diberikan oleh bendahara masing-masing kantor. Bagi para pengusaha dan atau pekerja lepas/freelancer pastikan Anda memiliki pembukuan atau pencatatan sebagai dasar pelaporan pajak Anda. Masukkan angka-angka yang diminta ke dalam form yang disediakan, ikuti instruksi yang diberikan. Setelah selesai, Anda akan mendapatkan bukti pelaporan pajak di email yang telah di daftarkan.

Cara lapor pajak bagi pengusaha atau badan usaha memiliki perbedaan dibanding dengan pegawai ataupun freelancer. Perbedaan ada pada SPT atau Surat Pemberitahuan yang harus diisi. Berikut Cara Lapor Pajak Untuk PNS dan Cara Lapor Pajak Untuk Freelancer atau Pekerja Lepas. Bagi para pengusaha dan atau Badan Usaha dapat mengikuti panduan Cara Lapor Pajak Bagi Badan Usaha dan Pengusaha.

dikutip dari pajak.go.id

Reffy Elsa Revanda
Umur gue 21 tahun, tinggal di Lampung. Morning person yang suka dengan hal-hal baru. Pernah terlibat diprojek web building, desain grafis, data scientist, dan social media strategist. Sekarang lagi ngerjain projek infopajak.co.id bareng teman-teman.