Cara Lapor Pajak 2021 Online

Lapor Pajak sekarang karena sekarang lapor pajak jauh lebih mudah dari sebelumnya. Laporkan sekarang lewat DJP Online atau datang langsung ke kantor pajak.
Lapor Pajak sekarang karena sekarang lapor pajak jauh lebih mudah dari sebelumnya. Laporkan sekarang lewat DJP Online atau datang langsung ke kantor pajak.

Memasuki bulan Maret dan April nanti setiap wajib pajak disibukkan dengan kegiatan penting yakni lapor pajak. Lebih tepatnya adalah menyampaikan SPT tahunan PPH orang pribadi ataupun Badan Usaha. Namun masih banyak yang bingun dengan cara lapor pajak 2021, untuk itu inilah penjelasannya.

Lapor Pajak Sekarang
Lapor Pajak Sekarang

Ketentuan dari lapor SPT pada bulan ini untuk orang pribadi dilakukan sampai batas waktu tanggal 31 Maret 2021 sedangkan bulan depan nanti jatuh tempo di tanggal 31 April 2021.  Biasanya sebelum melakukan kegiatan ini ada banyak wajib pajak yang melupakan dokumen-dokumen penting. Adapun seperti berikut ini.

Lapor Pajak Sekarang!

Jika kamu belum lapor pajak 2021 padahal kamu sudah memiliki NPWP. Kamu bisa melaporkan SPT Tahunan kamu sekarang, sebelum melewati batas waktunya. Anda bisa melakukannya secara online, datang langsung ke kantor pajak, atau mengirimkan lewat pos.

Membuat EFIN

EFIN merupakan nomor indentitas pelaporan elektronik. EFIN sendiri digunakan untuk membuat akun DJP Online atau mereset password DJP Online karena faktor lupa. Sementara itu untuk mengurusnya  Anda bisa menggunakan via Email.

Buat pesan dan di kolom kepada isikan dengan alamat email kantor pajak tempat Anda mendaftarkan NPWP Anda. Pada kolom Subjeknya tulis saja permintaan nomor EFIN. Sementara pada kolom isi silahkan masukkan data nomor NPWP, nama lengkap, alamat, Email, No Hp, dan alamat.

Jangan lupa untuk melampirkan foto dengan memegang KTP serta NPWP, kemudian kirim. Biasanya balasan ini sekitar 1 hari setelah jam kerja dari Ditjen Pajak. Jika masih belum ada balasan lakukan lagi sampai memperoleh respon.

Buat akun, meminta bukti potong, dan lapor SPT tahunan

Setelah memperoleh EFIN waktunya Anda membuat akun pada laman website DJP. Jika sudah melakukannya Anda bisa meminta bukti potong ke kantor agar dapat menyampaikan SPT. Langkah berikutnya ialah melakukan lapor pajak 2021 dengan e-Filing secara online.

Nantinya di dalam laman website akan muncul sejumlah data yang harus Anda isi seperti nominal-nominal yang ada di bukti potong, dan lain sebagainya. Lengkapi saja semua yang diminta dan tunggu buktinya.

Reffy Elsa Revanda
Umur gue 21 tahun, tinggal di Lampung. Morning person yang suka dengan hal-hal baru. Pernah terlibat diprojek web building, desain grafis, data scientist, dan social media strategist. Sekarang lagi ngerjain projek infopajak.co.id bareng teman-teman.