Pajak UMKM Ditanggung Pemerintah
Pajak UMKM Ditanggung Pemerintah

Cara Dapetin Insentif PPH Pasal 23

Pemerintah memberikan bantuan kepada para pengusaha dengan memberikan insentif pph pasal 23 sebagai bentuk usaha meringankan beban pengusaha akibat covid19.
Pemerintah memberikan bantuan kepada para pengusaha dengan memberikan insentif pph pasal 23 sebagai bentuk usaha meringankan beban pengusaha akibat covid19.

Dalam rangka menangani pandemi covid-19 pemerintah mengupayakan sebaik mungkin bantuan untuk seluruh masyarakat yang terdampak. Salah satunya adalah insentif PPH pasal 23 yang sudah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan. Dengan adanya insentif itu setidaknya akan lebih meringkankan para wajib pajak.

Insentif pph pasal 23
Insentif PPh Pasal 23

Adapun penghasilan wajib pajak dalam negeri serta bentuk usaha yang berhubungan dengan jasa manajemen, jasa lain, jasa teknik, jasa konsultan dan selain jasa yang sudah dipotong dalam PPH pasal 21 akan dibebaskan dari potongan PPH pasal 23.

Meskipun demikian insentif PPH pasal 23 hanyalah diberlakukan untuk imbalan-imbalan dari pihak tertentu. Diantaranya ialah instansi pemerintah, rumah sakit, dan pihak-pihak yang sudah ditentukan. Sedangkan untuk mendapatkan insentif tersebut para wajib pajak haruslah melaksanakan pelaporan realisasi.

Adapun maksimal tanggal pelaporan yakni April 2020 sampai masa pajak Juni 2020. Kemudian untuk periode masa pajak yang sudah memasuki masa Juli 2020 sampai September 2020 paling lambat tanggal 20 Oktober 2020. Sementara itu ada langkah online yang dapat dilakukan oleh wajib pajak.

Langkah – Langkah Cara Dapetin Insentif PPH pasal 23

Pertama yakni mengakses website DJP Online dan mengisi NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak serta kode keamanan atau sering disebut captcha. Pada halaman utamanya wajib pajak haruslah memilih menu layanan dan klik kolom E-Reporting Insentif Covid-19.

Jika kolom tersebut tidak ditemukan maka wajib pajak terlebih dahulu haruslah mengaktifkan fitur tersebut. Caranya sangatlah mudah pilih bagian menu profil dan silahkan pilih bagian Aktivasi Fitur Layanan. Nanti di sebelah kanan akan keluar menu-menu yang dapat diaktifkan oleh wajib pajak.

Kemudian centang tulisan E-Reporting dan klik bagian Ubah Fitur Layanan. Jika sudah berhasil secara otomatis akan muncul pemberitahuan bahwa proses pengubahan akses profil sudah berhasil. Kemudian sistem akan mengarahkan supaya wajib pajak kembali login di website DJP online.

Apabila sudah melakukan login silahkan cek menu layanan dan di halaman tersebut juga akan keluar E-Reporting, lanjutkan dengan klik tulisan tersebut. Lalu tambahkan untuk membuat laporan insentif PPH pasal 23. Nantinya akan ada petunjuk lainnya yang harus diikuti sampai selesai.

Reffy Elsa Revanda
Umur gue 21 tahun, tinggal di Lampung. Morning person yang suka dengan hal-hal baru. Pernah terlibat diprojek web building, desain grafis, data scientist, dan social media strategist. Sekarang lagi ngerjain projek infopajak.co.id bareng teman-teman.