Cara Bikin NPWP Pribadi Full Online!

Sejak Pandemi Covid19, kini bikin NPWP Pribadi gak perlu ke kantor pajak, semuanya bisa online lewat DJP Online. Begini langkah-langkahnya yang harus disimak!
Sejak Pandemi Covid19, kini bikin NPWP Pribadi gak perlu ke kantor pajak, semuanya bisa online lewat DJP Online. Begini langkah-langkahnya yang harus disimak!

Akibat Pandemi Covid-19 menyerang Indonesia, banyak aspek tatanan kehidupan masyarakat yang berubah, salah satunya pelayanan publik yang sebelumnya lebih banyak dilakukan dengan tatap muka, kini hampir semuanya dilakukan secara daring. Sebagai contoh yaitu cara bikin NPWP pribadi yang sekarang full online.

Ilustrasi Cara Bikin NPWP Pribadi
Ilustrasi Cara Bikin NPWP Pribadi

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara cepat membuat NPWP bagi orang pribadi yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Jadi, sobat pajak tak perlu repot-repot datang ke kantor pajak untuk membuat NPWP.

Perlu diketahui juga, untuk pembuatan NPWP orang pribadi ini dibagi menjadi 2 jenis, yaitu NPWP bagi orang pribadi karyawan dan NPWP bagi orang pribadi non karyawan (usahawan).

Hal-hal yang perlu disiapkan untuk pembuatan NPWP orang pribadi secara daring tentunya yaitu gawai atau gadget (Smartphone/Laptop/Notebook/PC/Tablet) dan jaringan internet. Selanjutnya, sobat pajak dapat menyiapkan syarat – syarat administratifnya yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Surat Keterangan Bekerja atau Surat Keterangan Usaha yang sudah di scan dalam bentuk pdf.

Surat Keterangan Bekerja diperuntukkan bagi sobat pajak yang bekerja sebagai karyawan, pegawai swasta atau pegawai negeri. Jika tidak ada, sobat pajak juga dapat menggunakan name tag atau kartu identitas dari tempat bekerja. Nantinya, sobat pajak akan terdaftar sebagai Orang Pribadi Karyawan. Sedangkan Surat Keterangan Usaha diperuntukkan bagi sobat pajak yang bekerja sebagai wiraswasta atau memiliki usaha. Surat Keterangan Usaha dapat diperoleh dari Kelurahan setempat. NPWP sobat pajak akan terdaftar sebagai Orang Pribadi Non Karyawan.

Setelah semua sudah disiapkan, sobat pajak dapat mengikuti tata cara berikut untuk mendaftarkan diri dan memperoleh NPWP.

  1. Akses laman pendaftaran pada https://ereg.pajak.go.id/
  2. Isi data diri sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan kenyataan yang sebenarnya.
  3. Ceklis “Benar” jika datanya sudah benar dan “Lengkap” jika syarat administrasi berupa dokumennya sudah lengkap dan siap diunggah.
  4. Pilih Unggah Dokumen. Sobat pajak dapat mengunggah dokumen yang sudah di scan dalam bentuk pdf.
  5. Kirim.
  6. Selesai, NPWP akan dikirimkan via email dan kartunya dikirim ke alamat terdaftar.

Nah, mudahkan caranya. Jadi, sobat pajak tak perlu lagi antre dan repot-repot datang ke kantor pajak. Selamat mencoba!