Cara Bikin Efin
Cara Bikin Efin

Cara Bikin EFIN Untuk Lapor Pajak Online

Cara bikin EFIN untuk lapor pajak tentu terdapat beberapa syarat sebelum mulai mengajukan dan aktivasi. Berikut ini syarat yang harus kita penuhi.
Cara bikin EFIN untuk lapor pajak tentu terdapat beberapa syarat sebelum mulai mengajukan dan aktivasi. Berikut ini syarat yang harus kita penuhi.

Cuma 5 Menit, Cara Bikin EFIN Untuk Lapor Pajak Secara Online

Cara Bikin Efin
Cara Bikin Efin

Apa itu Efin?

Efin adalah singkatan dari Electronic Filing Identification Number atau nomor identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang berguna untuk melakukan transaksi perpajakan secara online.

Sebagai warga negara yang baik, tentunya kita punya kewajiban untuk lapor pajak penghasilan tahunan. Dengan kemudahan yang sudah diberikan, pastinya tidak ada alasan bagi kita melewatkan kewajiban tersebut.

Nah, sebelum kita membahas cara bikin EFIN, berikut ini syarat yang harus kita penuhi sebelum mengajukan ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdaftar.

Syarat Mengajukan Formulir EFIN

Cara bikin EFIN untuk lapor pajak tentu terdapat beberapa syarat sebelum mulai mengajukan dan aktivasi. Syarat yang dibutuhkan juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu personal (orang pribadi) dan badan (perusahaan).

Berikut ini syarat yang harus dipenuhi sebelum mengajukan formulir EFIN ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdaftar.

1. Syarat Personal (Orang Pribadi)

  • Formulir aktivasi EFIN yang sudah di isi.
  • KTP asli dan fotokopian (WNI) atau KITAS/KITAP (WNA).
  • Alamat Email aktif.
  • NPWP asli dan fotokopian.

2. Syarat Badan (Perusahaan)

  • Kartu NPWP atau SKT (Surat Keterangan Terdaftar) wajib pajak badan.
  • Kartu NPWP atau SKT atas nama pengurus yang bersangkutan.
  • Kartu identitas diri pengurus (KTP bagi WNI atau KITAS/KITAP bagi WNA)
  • Surat kuasa atau penunjukan pengurus yang mewakili dari wajib pajak badan

Cara Bikin EFIN Untuk Lapor Pajak

Setelah kita tahu syarat yang dibutuhkan untuk mengajukan proses aktivasi EFIN, berikut langkah – langkah cara bikin EFIN untuk lapor pajak.

  1. Unduh dan isi formulis EFIN.
  2. Ajukan formulir EFIN ke kantor KKP terdaftar atau lewat email/whatsapp.
  3. Tunggu respon dari petugas.
  4. Kode efin 10 digit dikirim ke email/whatsapp

Setelah membuat akun efiling dan berhasil mendaftarkan EFIN di pajak online, artinya anda sudah bisa melaporkan serta melakukan pembayaran pajak secara online melalui lama djponline.pajak.go.id

Penting, informasi akun terdaftar harus tetap dirahasiakan untuk mencegah hal – hal yang tidak diinginkan dari kemungkinan penggunaan akun secara ilegal.

Reffy Elsa Revanda
Umur gue 21 tahun, tinggal di Lampung. Morning person yang suka dengan hal-hal baru. Pernah terlibat diprojek web building, desain grafis, data scientist, dan social media strategist. Sekarang lagi ngerjain projek infopajak.co.id bareng teman-teman.