Cara Bayar Pajak Penghasilan Pake e-Billing

Cara Bayar Pajak Penghasilan bisa dibayar secara online dengan menggunakan fitur e-billing yang ada di DJP online tanpa perlu datang ke kantor pelayanan pajak.
Cara Bayar Pajak Penghasilan bisa dibayar secara online dengan menggunakan fitur e-billing yang ada di DJP online tanpa perlu datang ke kantor pelayanan pajak.

Apapun pajak penghasilannya, mau PPh pasal 21, PPh pasal 25, PPh pasal 29 dan lain sebagainya. Semua bisa dibayar secara online dengan menggunakan fitur e-billing yang ada di DJP online. Cara Bayar Pajak Penghasilan akan kita ulas juga ditulisan ini.

cara bayar pajak penghasilan
Cara Bayar Pajak Penghasilan

Perlu diingat bahwa setiap penghasilan yang kita terima, tidak semuanya harus dihitung dan diambil pajaknya. Ada beberapa yang bahkan tidak perlu membayar pajak, tetapi tetap wajib melaporkan ya. Penhasilan tidak kena pajak (PTPK) adalah Batasan seseorang dikenai atau tidak tarif pajak.

Lalu setiap pajak juga disesuaikan dengan besaran penghasilan yang diterima selama satu tahun. Dari 5% dan sampai 30% untuk penghasilan per tahun di atas Rp500.000.000.

Kita juga mesti tahu pajak penghasilan ini nantinya akan dialokasikan untuk membangun Negara seperti membangun infrastruktur dan banyak lainya. Jadi kita akan lebih semangat untuk melaporkan dan membayarnya.

Cara Bayar Pajak Penghasilan

Semua hal tentang pembayaran pajak penghasilan secara online, bisa dilakukan melalui fitur e-billing yang ada di DJP online. Anda bisa mengaksesnya di https://djponline.pajak.go.id dan memilih fitur e-billing.

Sebelumnya Anda diharuskan sudah memiliki akun ya, cara membuatnya mudah sekali. Hanya perlu memasukkan NPWP dan EFIN, lalu membuat kata sandi.

Jika belum memiliki NPWP dan EFIN, Anda bisa mengurusnya ke kantor pelayanan pajak (KPP) terdekat ya.

Setelah memilih fitur e-billing, Anda akan diarahkan untuk membuat kode billing, atau kode pembayaran pajak. Berikutnya akan diinformasikan kepada Anda tentang bagaimana cara membayarnya. Di mana harus membayarnya. Semuanya bisa dilihat di informasi pada kode billing yang Anda dapatkan.

Batas Setor Pajak Penghasilan

Setiap pajak penghasilan mungkin memiliki batas setor yang berbeda. Misal tanggal 10 setiap bulan berikutnya untuk pembayaran PPh pasal 4 ayat 2; PPh pasal 15; PPh pasal 21/26; PPh pasal 23 dan pasal 22. Dan tanggal 15 untuk PPh selain itu.

Dengan E-billing, Cara Bayar Pajak Penghasilan menjadi lebih mudah dilakukan. Hemat tenaga dan hemat waktu juga. Pembayaranya pun bisa dilakukan secara online malalui internet banking atau mobile banking masing-masing.

Reffy Elsa Revanda
Umur gue 21 tahun, tinggal di Lampung. Morning person yang suka dengan hal-hal baru. Pernah terlibat diprojek web building, desain grafis, data scientist, dan social media strategist. Sekarang lagi ngerjain projek infopajak.co.id bareng teman-teman.