npwp non efektif
npwp non efektif

Buat NPWP Online, Ini Syaratnya

Kemudahan dari sistem pajak online salah satunya adalah kita bisa mendaftar NPWP secara online tanpa perlu mendatangi kantor pelayanan pajak (KPP).
Kemudahan dari sistem pajak online salah satunya adalah kita bisa mendaftar NPWP secara online tanpa perlu mendatangi kantor pelayanan pajak (KPP).

Buat NPWP Online – Kemudahan dari sistem pajak online salah satunya adalah kita bisa mendaftar NPWP secara online. Artinya tidak perlu mendatangi kantor pelayanan pajak (KPP) terdekat untuk mengurusi pendaftarannya.

Buat NPWP Online
Buat NPWP Online

DJP online adalah sistem berbasis web yang dibuat oleh Dirjen Pajak untuk memudahkan wajib pajak mengurus dokumen atau kewajiban perpajakan masing-masing. Dari mulai pembuatan NPWP dan pembayaran pajak, bisa dilakukan di sana.

Syarat Buat NPWP Online

Persiapan untuk mendaftarkan NPWP secara online ini mudah banget. Untuk Anda warga negara Indonesia, Anda hanya perlu mempersiapkan KTP untuk diunggah. Dan untuk warga negara Asing, dokumen yang diperlukan juga cukup Password atau KITAS atau KITAP saja.

  1. Untuk yang bekerja, bisa menambahkan surat keterangan kerja dari perusahaan tempat Anda bekerja. Dan untuk pegawai negeri bisa dengan menunjukkan surat keputusan (SK) pegawai negeri
  2. Untuk yang memiliki usaha, syaratnya selain yang disebutkan di atas. Anda harus menunjukkan surat keterangan usaha (SKU) dengan minimal yang dikeluarkan oleh lurah atau desa tempat usaha Anda berdomisili. Lalu surat pernyataan di atas materai 6000.
  3. Untuk wanita yang sudah menikah, ada penambahan fotokopi KK untuk WNI, dan surat atau dokumen perpajakan suami dari luar negeri untuk WNA. Syarat lainnya adalah surat keterangan kerja dan surat perjanjian pemisah harta yang dikehendaki oleh kedua belah pihak

Cara mendaftarkan NPWP Online

Setelah syarat terpenuhi, Anda bisa masuk ke situs https://ereg.pajak.go.id untuk membuat akun. Nantinya Anda akan dimintai untuk menuliskan email untuk verifikasi. Cek email dan jangan lupa verifikasi ya.

Lalu untuk laki-laki atau perempuan lajang, bisa memilih status pusat ketika melakukan proses pendaftaran. Dan pilih cabang di mana suami membuat NPWP untuk perempuan yang sudah menikah.

Di akhir buat NPWP online Anda akan dimintai untuk mengunggah dokumen-dokumen penting yang sudah dijelaskan di atas. Tunggu sampai proses selesai dan jika tidak ada kendala seperti dokumen yang tidak terbaca, kartu NPWP akan dikirimkan melalui POS atau jasa pengiriman paket lainnya.

Reffy Elsa Revanda
Umur gue 21 tahun, tinggal di Lampung. Morning person yang suka dengan hal-hal baru. Pernah terlibat diprojek web building, desain grafis, data scientist, dan social media strategist. Sekarang lagi ngerjain projek infopajak.co.id bareng teman-teman.