Credit of this photo

Bikin Efin Super Cepat, Sehari Jadi!

Sebelum lapor SPT Tahunan kamu harus bikin efin dulu. Ternyata bikin efin bisa cepet banget, sehari jadi! Ikuti syarat dan cara aktivasinya seperti berikut ini!
Sebelum lapor SPT Tahunan kamu harus bikin efin dulu. Ternyata bikin efin bisa cepet banget, sehari jadi! Ikuti syarat dan cara aktivasinya seperti berikut ini!

Salam hangat untuk Kawan. Pelaporan SPT Tahunan merupakan hal yang mutlak dilakukan oleh Wajib Pajak ber-NPWP aktif. Telat atau tidak melaporkan bisa dikenakan sanksi administrasi hingga satu juta rupiah loh Kawan. Sudah lapor tapi telat saja kena sanksi. Saat ini pelaporan SPT bisa dilakukan di mana saja asalkan Kawan terhubung jaringan internet dengan mengakses situs pajak.go.id. Tapi sebelum lapor, kamu harus tau cara bikin efin.

Ilustrasi Bikin Efin
Ilustrasi Bikin Efin

Usut punya usut, pelaporan SPT tidak bisa langsung dilakukan tanpa beberapa hal. Berikut ini yang harus disiapkan:

  1. NPWP
  2. E-FIN
  3. Alamat surel
  4. Data pendukung lain (bukti potong/rincian penghasilan/bukti penyetoran/laporan keuangan/dokumen lain yang dikehendaki kantor pajak untuk dilaporkan)

Dari daftar di atas, Kawan tau gak apa yang tidak bisa kita buat sendiri?

Kalau Kawan menjawab nomor 2, Yak, betul. Artinya Kawan sudah siap nih menjadi calon Wajib Pajak Patuh dan Sadar Pajak.

E-FIN adalah komponen penting saat lupa kata sandi atau pembuatan akun DJP Online. Cara memperolehnya adalah menghubungi saluran komunikasi kantor pajak terdekat melalui pesan WhatsApp atau saluran komunikasi lain yang tersedia (dapat diketahui melalui media sosial kantor pajak atau mesin pencari Google). Persyaratan nya pun berbeda untuk setiap kategori. Berikut ini adalah rinciannya.

Orang Pribadi (Karyawan/Pegawai/Usahawan)

Melampirkan hasil pemindaian KTP dan NPWP

Badan Usaha (Yayasan/Lembaga/PT/CV/Sejenisnya)

                Melampirkan dokumen sebagai berikut:

  1. Pemindaian KTP dan NPWP Pengurus yang tercantum dalam akta pendirian/surat pendirian/surat penunjukan yang dapat dipersamakan dengan surat pendirian yang sah secara hukum;
  2. Pemindaian akta pendirian/surat pendirian/surat penunjukan yang dapat dipersamakan dengan surat pendirian yang sah secara hukum;

Nah, mudah kan Kawan? Jangan sampai E-FIN menjadi penghalang sampai tidak bisa laporan ya.