Beginilah Transformasi Pelayanan Pajak Saat Pandemi Covid19

Transformasi dilakukan oleh pemerintah untuk menanggulangi masalah pelayanan pajak saat pandemi Covid 19 berlangsung.
Transformasi dilakukan oleh pemerintah untuk menanggulangi masalah pelayanan pajak saat pandemi Covid 19 berlangsung.

Sejak Covid 19 dinyatakan sebagai pandemi yang bisa menjangkit orang-orang dari berbagai belahan dunia, beberapa bidang kehidupan manusia pun mau tak mau harus  mengalami perubahan. Mulai dari perubahan kecil sampai perubahan besar pun dilakukan, salah satunya adalah di bidang pelayanan pajak.

 Transformasi Pelayanan Pajak Saat Pandemi Covid 19
Transformasi Pelayanan Pajak Saat Pandemi Covid 19

Transformasi pun dilakukan oleh pemerintah untuk menanggulangi masalah pelayanan pajak saat pandemi Covid 19 berlangsung. Beberapa diantaranya bakal dijelaskan lebih lengkap seperti yang ada di bawah ini!

Pengadministrasian Pajak Lebih Efektif dan Efisien

Adanya pandemi Covid 19 telah mengguncang perekonomian nasional. Agar perekonomian tetap stabil, pemerintah harus turun tangan untuk melakukan perubahan dalam upaya menangani dampak-dampak Covid 19.

Lantas, bagaimana cara pemerintah supaya pelayanan pajak saat pandemi tetap stabil? Caranya adalah dengan melakukan reformasi administrasi pelayanan pajak. Pelayanan administrasi pajak yang selama ini berbelit-belit dan memakan waktu lama, telah dipangkas menjadi lebih sederhana, sehingga para wajib pajak bisa membayarkan pajaknya lebih efektif dan efisien daripada sebelumnya.

Dengan dilakukannya penyederhanaan ini, maka diharapkan mampu mengurangi beban biaya wajib pajak sehingga bisa meningkatkan voluntary compliance-nya juga. Lagi pula, dengan pemberlakuan administrasi layanan pajak yang sederhana ini juga sejalan dengan program layanan pajak yang ramah terhadap pengguna serta memberikan pengalaman yang menyenangkan.

Pelayanan Pajak Secara Online

Dengan adanya pandemi seperti saat ini, pengadministrasian pajak secara online juga bisa lebih dioptimalkan. Apalagi dengan adanya pemberlakuan aturan jaga jarak dan tidak membuat kerumunan.

Layanan pajak secara online ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah pelayanan pajak saat pandemi berlangsung. Selain meminimalisir penyebaran virus Covid 19, membayar pajak secara online juga bisa membuat pembayaran pajak jauh lebih cepat dan efisien ketimbang membayar pajak secara offline atau tatap muka.

Untuk memaksimalkan penggunaan layanan bayar pajak secara online, pemerintah juga telah menyediakan beberapa layanan yang bisa Anda pakai dan akses saat membayar pajak, yaitu layanan e-Billing, e-Registration, e-Filling, e-Faktur, e-PHTB, dan e-KSWP.

Reffy Elsa Revanda
Umur gue 21 tahun, tinggal di Lampung. Morning person yang suka dengan hal-hal baru. Pernah terlibat diprojek web building, desain grafis, data scientist, dan social media strategist. Sekarang lagi ngerjain projek infopajak.co.id bareng teman-teman.