Begini Cara Menangani Masalah Saat Lapor SPT

Sering mengalami masalah ketika Lapor SPT Secara Online? Berikut ini cara praktis untuk menangani masalah saat lapor SPT. Baca dan cermati!
Sering mengalami masalah ketika Lapor SPT Secara Online? Berikut ini cara praktis untuk menangani masalah saat lapor SPT. Baca dan cermati!

Bagi Anda yang biasa menggunakan e-filling kemudian mendapat notifikasi error, harus tahu bagaimana menangani masalah saat lapor SPT. Karena aplikasi Dirjen Pajak yang berbasis web ini kadang memang kurang stabil. Sehingga jika terjadi penumpukan pesan mengalami bug. Pengguna mendapat notifikasi bahwa BPS belum diterima atau belum ada.

Menangani Masalah Saat Lapor SPT
Menangani Masalah Saat Lapor SPT

Gagal lapor SPT pada aplikasi tentu sangat mengganggu pengguna. Maksud hati dengan menggunakan aplikasi ingin proses pembayaran pajak lebih efektif. Namun apalah daya, jika ternyata pemberitahuan error malah membuat proses lebih panjang. Apalagi jika tidak bisa mengatasinya, justru menguras tenaga dan waktu. Untuk itu perlu dipahami masalah utamanya.

Penyebab Masalah

Penyebab utama terjadinya error saat melaporkan SPT harus Anda ketahui sebelum mencari cara menangani masalah pada alipkasi klikpajak. Hanya dengan memahami masalah, kita bisa menyelesaikan dan mencari solusinya.

Pertama, perhatikan notifikasi berita yang muncul. Jika ada pesan yang menyatakan bahwa BPS Anda belum diterima, berarti ada proses yang salah.

Berikut beberapa langkah yang harus Anda ambil untuk menangani kesulitan saat lapor SPT melalui e-filling. Anda bisa melakukannya secara langsung tanpa bantuan orang lain dengan menyiapkan sejumlah data yang diperlukan. Meliputi identitas pribadi dan data keuangan yang Anda miliki saat ini. Selain itu, pastikan bahwa NPWP Anda dalan status aktif.

Menangani Masalah Saat Lapor SPT Online

Untuk menangani masalah saat lapor SPT, Anda perlu memastikan sudah bisa login dengan benar ke aplikasi e-filling. Mulai data profil, pastikan nomor telepon yang di-input diawali dengan angka 0, bukan 62. Kemudian pastikan Anda bisa melakukan aktivasi akun melalui email. Jika aktivasi ini gagal, pastikan jaringan stabil atau minta tautan ulang dari aplikasi.

1. Bersihkan Draf

Jika masih kesulitan karena lupa password Anda bisa manfaatkan fitur reset password dari aplikasi. Setelah berhasil masuk melalui akun, Anda harus pastikan draf bersih dari berbagai konsep pemberitahuan pajak. Ini penting untuk menangani masalah saat lapor SPT. Karena tumpukan draf justru membuat pesan error mudah muncul dan Anda kesulitan melaporkan SPT.

Ada beberapa kode error yang mungkin muncul saat Anda mengisi data SPT.  Pertama error 404, 405, REG008, SO002, SO004, 2, 403, 500, atau 502. masing-masing kode error tersebut membawa maksud sendiri. Anda bisa mengatasinya dengan melakukan refresh atau muat ulang halaman untuk mengatasinya. Karena mungkin error terjadi akibat koneksi lambat.

Untuk error 403 atau 405, bisa terjadi karena cache browser penuh. Anda bisa membersihkan file sampah aplikasi melalui menu pengaturan. Jika kesalahan ini berulang, Anda harus mendatangi KPP terdekat untuk mendapat akses masuk ke akun yang terdaftar. Sedangkan untuk error yang lain, ada pesan yang menyertainya dan Anda bisa mengikuti langkah solusinya.

2. Buat SPT Baru

Untuk mengatasi menangani masalah saat lapor SPT, Anda bisa memulai kembali mengisi SPT baru. Pastikan data yang ingin simasukkan sudah siap dan akurat. Ketelitian saat mengisi formulir sangat berpengaruh terhadap keberhasilan melaporkan SPT. Jika ada keterangan bahwa nama Anda tidak terdaftar, lakukan log out dari aplikasi dan login kembali.

Jika sudah selesai mengisi data yang benar dan sesuai dengan kemauan sistem, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil. Lalu kirim laporan tersebut sehingga mendapat pemberitahuan berhasil. Tandanya adalah ANda mendapat BPE (Bukti Penerimaan Elektronik).

Demikian ulasan singkat cara menangani masalah saat lapor SPT di aplikasi e-filling yang terhubung dengan situs klikpajak. Pastikan Anda melakukan pengisian dengan benar dan mengirim data dalam kondisi jaringan internet yang baik.

Reffy Elsa Revanda
Umur gue 21 tahun, tinggal di Lampung. Morning person yang suka dengan hal-hal baru. Pernah terlibat diprojek web building, desain grafis, data scientist, dan social media strategist. Sekarang lagi ngerjain projek infopajak.co.id bareng teman-teman.